Sejuknya Air Terjun Pangajaran

loading...



Air terjun Pangajaran ini berada di ketinggian ± 1700 meter dari permukaan laut, dan dikawasan Gunung Anjasmoro, Galengdowo, Wonosalam, Jombang. Pemandangan air terjun ini sangat menakjubkan dengan kondisi yang masih alami.Hutan yang lebat dengan sungai yang dilewati air yang bening. Anda yang suka pada panorama air terjun, bersiaplah untuk terpesona.

Bagi siapapun yang hendak mencapai lokasi tersebut, hendaknya mempersiapkan diri secara khusus. Diantaranya adalah dengan menggunakan alas kaki yang biasanya digunakan oleh para pendaki gunung. Hal itu dibutuhkan lantaran jalan menuju lokasi air terjun sangat terjal dan berliku.

Untuk menuju lokasi air terjun dari tempat parkir (rumah warga setempat) kira-kira membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan berjalan kaki ( berjarak ± 4 km dari tempat parkir). Rute yang dilewati cukup menantang, betapa tidak karena disitu kita akan melewati beberapa rintangan dengan jalan setapak yang penuh dengan bebatuan yang cukup licin, dan dengan melewati beberapa sungai ditengah-tengah hutan yang cukup lebat. Oleh sebab itulah jarang sekali ada pengunjung yang berwisata ke lokasi ini, karena kurang perhatian dari pemerintah setempat untuk mengelolanya. Akan tetapi jarangnya pengunjung berdampak pada kondisi alam yang tetap terjaga keasliannya.
Dan sesampainya di lokasi Air Terjun yang memiliki ketinggian ± 200 m kita bisa menikmati keindahan Air terjun Pangajaran dengan kesejukannya. Dan Hembusan angin yang cukup kencang dari atas tebing membawa butiran-butiran air seperti embun yang terus membasahi daerah itu.

Dari sisi potensi, air terjun Tretes Pengajaran ini memiliki potensi untuk dikembangkan, sehingga menarik wisatawan. Misalnya, ketinggian air terjun yang mencapai 200 meter sebagai daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Kondisi ini didukung dengan lingkungan sekitar yang masih alami, dengan hutan yang masih cukup lebat.
loading...

JANGAN LUPA! TINGGALKAN JEJAK DISINI KAWAN