loading...

Bumbu Dapur Yang Dapat Dijadikan Sebagai Obat Alami Beserta Manfaatnya


     Bumbu dapur yang juga tergolong tanaman sayuran dan biasa dipakai untuk mengolah makanan sehari-hari ternyata dapat dimanfaatkan, ternyata dapat dimanfaatkan pula sebagai obat pada tubuh manusia. Untuk ini masih banyak kalangan masyarakat yang memang belum mengetahuinya.

     Tidak semua bumbu dapur dapat digunakan sebagai obat atau bahan terapi kesehatan tubuh manusia. Beberapa bumbu dapur bisa digunakan sebagai bahan terapi kesehatan karena kandungan zat yang dimilikinya. Berikut uraian mengenai kandungan zat dari bumbu dapur yang dapat juga menjadi obat alami bagi kesehatan tubuh manusia dan mudah didapatkan yaitu :


     Cabe rawit merupakan salah satu tanaman yang termasuk kedalam jenis sayuran, tanaman ini sering digunakan untuk masakan agar masakan memiliki cita rasa yang beragam dengan keberadaannya cabai rawit tersebut. Rasa yang disumbangkan oleh manfaat cabe rawit merupakan rasa pedas, hal ini dikarenakan pada tumbuhan cabai rawit terdapat capsaicin yang menghasilkan rasa pedas pada tumbuhan ini.
     Cabai rawit memiliki nama ilmiahnya yaitu Capsicum frutescens yang masuk kedalam tanaman Solanaceae atau terung-terungan. Jenis cabai rawit pun berbeda-beda, diantaranya cabai rawit putih, cabai rawit ceplik, cabai rawit ceblik hijau. Dimana cabai rawit ini memiliki kandungan capsaicin yang berbeda dengan setiap mg/g berat kering, capsaicin yang paling banyak terdapat pada cabai rawit putih dengan angka 13,5 mg/g berat kering.
     Selain capsaicin, kandungan lain yang terdapat pada cabai rawit diantaranya yaitu :

  • Betakaroten atau provitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Mineral
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Capsaicin
  • Zat Kapsaikin
  • Zat Kapsisidin
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Zat Besi
  • Niacin
  • Lasparaginase
  • Kalium
  • Tembaga
     Meskipun cabai rawit hanya digunakan untuk menambah cita rasa saja, tetapi cabai rawit ini memiliki manfaat bagi manusia, diantaranya manfaat tersebut yaitu :

Pencernaan menjadi lebih lancar
     Bagi yang selalu mengalami permasalahan dengan urusan pencernaan, bisa dicoba untuk mengatasinya dengan mengkonsumsi cabai rawit ini. Memang sudah banyak beredar bahwa cabai rawit mampu membantu dalam proses melancarkan pencernaan, hal itu dikarenakan pada cabai rawit mampu menstimulasi sistem pencernaan dengan meningkatnya arus produksi enzim dan juga asam lambung. Oleh karena itu dapat membantu tubuh dalam proses terjadinya metabolisme makanan, lalu ketika sulit mengeluarkan gas dalam tubuh pun dapat diatasi dengan serbuk cabai karena serbuk cabe proses terjadinya asimilasi dan eliminasi dalam tubuh dengan adanya stimulasi gerakan peristaltic perut.

Membantu dalam penurunan berat badan
     Dengan cabai rawit pula bagi yang sedang melakukan diet bisa dibantu dengan mengonsumsi, namun sangat tidak dianjurkan dengan mengonsumsi berlebihan. Cabai rawit yang mampu meningkatkan dalam proses metabolisme ini ternyata mampu pula dalam proses pembakaran lemak secara berlebih.



Mengobati infeksi
     Sifat anti jamur yang dimiliki oleh cabai rawat ini mampu mengatasi dalam penyembuhan infeksi, sehingga berbagai macam penyakit akibat infeksi dapat diatasi dengan adanya pengonsumsian cabai rawit.

Mengatasi nyeri pada sendi
     Kandungan capcaisin ini tidak hanya memberikan cita rasa pedas saja, namun memiliki manfaat lain dengan memberikan manfaat untuk mengatasi atau meredakan nyeri sendi pada tubuh kita. Kerja capcasaini ini yaitu dengan meredakan otot yang sedang mengalami kejang, sehingga dengan adanya capsaicin mampu meredakan kejang pada otot tubuh kita.

Anti kanker
     Kerja cabai rawit dalam masalah kanker ini yaitu dengan cara menghilangkan sel kanker yang ada dalam tubuh, tetapi proses ini tidak merusak sel normal yang ada pada tubuh. Kandungan yang ada dalam cabai rawit yang menangani penghilangan sel kanker adalah capsaicin, namun tidak dianjurkan pula dengan mengonsumsinya secara berlebihan.

Kesehatan jantung lebih meningkat
     Penyebab adanya serangan jatung ini karena bisa dengan tekanan darah yang tinggi, namun dengan mengonsumsi cabai rawit tekanan darah yang ada dalam tubuh akan terjaga kestabilannya. Sehingga jantung pun akan lebih sehat, serta kemampuan lain cabai rawit juga yaitu dapat membuang kolesterol jahat dan trigliserid dalam tubuh manusia. Cabai rawit pula membantu dalam mencegah serangan jantung, karena hal ini karakteristik cabai rawit yang memiliki kemampuan untuk membuka arteri di jantung.

Melawan dalam serangan stroke
     Karakteristik cabai rawit yang mampu melancarkan peredaran darah memiliki manfaat terhadap orang yang memiliki penyakit stroke, stroke sendiri terjadi karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah dan terjadinya pembekuan darah pada otak.

Nafsu makan meningkat
     Seseorang yang mengalami peningkatan dalam nafsu makannya dikarenakan adanya penambahan atau peningkatan pada produksi hormon endophrin dalam tubuhnya, sehingga nafsu makan pada tubuh akan meningkat dengan mengonsumsi cabai rawit ini. Kandungan yang terdapat cabai rawit itu, yang membuat menambahnya produksi hormon endophrin pada tubuh adalah capsaicin yang terkandung dalam cabai rawat.

Menjaga kekebalan tubuh
     Dengan adanya vitamin C pada cabai rawit, berfungsi mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Jadi kekebalan tubuh manusia dapat terjaga agar tiidak mudah terserang berbagai penyakit.

Mengurangi adanya jamur pada kulit
     Capcaisin yang dimiliki cabai rawit mampu membantu dalam mengurangi jamur pada kuliut manusia, sehingga jamur yang ada pada kulit yang membuat kulit gatal-gatal bisa diatasi dengan mengonsumsi cabai rawit.

Mengatasi sakit kepala
     Pada manfaat cabe rawit mampu menstimulasi terhadap respon rasa sakit yang diamali pada bagian ubuh yang berbeda, dimana hal itu dapat menyebabkan otak mengalihkan perhatian terhadap respon yang lain yang membuat terasa sakit pada bagian kepala tersebut. Jadi ketika merasa pusing, bisa mengonsumsi makanan yang terdapat cabai rawitnya, biasanya akan keluar lendir dari hidung yang menandakan pusing di kepala sudah mulai reda. Sehingga kepala tidak berat algi dan pusing.

Sebagai anti inflamasi
     Anti inflamasi fungsinya dapat dijadikan sebagai obat herbal yang baik bagi penderita penyakit gula darah atau diabetes, arthristis, psoriasis, dan juga kerusakan syaraf yang ada hubungannya dengan penyakit herpes akibat adanya virus.

Membantu dalam proses detokfisasi
     Melalui pemanasan pada tubuh proses detoksifikasi terjadi, hal itu bisa terjadi dengan melalui pengonsumsian cabai rawit yang dapat membuat tubuh berkeringat. Pada tubuh yang berkeringat ini merupakan salah satu proses penting dalam proses detoksifikasi, untuk pagi hari pengonsumsian cabai rawit dapat diberika campuran lain seperti madu dan lemon menjadi minuman di pagi hari yang dimana minuman tersebut mampu melaksanakan terjadinya detoksfikisai tubuh secara menyeluruh pada tubuh manusia.

Produksi air liur meningkat
     Penyebab yang membuat cabai rawit dapat membantu dalam melancarkan pencernaan manusia, karena hal itu pada cabai rawit mampu menstimulasi dalam memproduksi air liur yang lebih banyak. Dimana ketika air liur lebih banyak yang ada dalam tubuh, maka semakin baik dalam proses pencernaan serta mampu menjaga kesehatan mulut.

Membantu dalam mencegah pembekuan darah
     Resiko terjadinya serangan jantung yang akhirnya mengakibatkan stroke bukan hanya karena tersumbatnya pada arteri, namun karena pembekuan darah yang tidak sampainya darah ke seluruh tubuh atau tidak menyebar darah keseluruh tubuh. Hal itu dapat diatasi dengan serbuk cabai rawit yang dimana membantu dalam mengurangi atherosclerosis pada tubuh.

Metabolisme tubuh menjadi lebih cepat
     Selain dapat menurunkan berat badan, namun cabai rawit pula dapat mepercepat metabolisme dalam tubuh manusia yang nantinya percepatan itu akan berdampak pada penurunan berat badan. Maka dari itu cabai rawit bisa membantu dalam menurunkan berat badan, karena adanya percepatan dalam metabolisme tubuh.

Pertumbuhan rambut
     Cabai rawit mampu membantu dalam meningkatkan terjadinya sirkulasi udara pada kulit kepala, ketika sirkulasi udara mengalami penurunan maka akan terjadi kerusakan pada rambut seperti rambut rontok bahkan sampai mengalami kebotakan. Maka hal itu dapat diatasi dengan cabai rawit yang mampu meningkatkan sirkulasi udara pada kulit kepala.

Pencegahan dalam terjadinya tekanan darah tinggi
     Cabai rawit pula mampu mengatasi dalam permasalahan darah, diantaranya darah tinggi. Dimana hal itu terjadi karena terdapat kandungan yang membuat cabai rawit mampu bertindak hal demikian, kandungan itu adalah capcaisin yang mampu melancarkan peredaran darah dalam tubuh denga engurangi pembentukan dan penggumpalan yang menyebabkan tersumbatnya arteri di jantung.

Menurunkan demam tinggi
     Selain buahnya yang dikonsmusi, namun bagian dari tanaman cabai rawit pun dapat digunakan. Seperti daun dari cabai rawit yang mampu menurunkan demam tinggi pada tubuh kita, hal itu dapat dilakukan dengan diberikan tambahan lain seperti minyak selada dengan pengerajaannya dibalurkan pada selurh badan atau ditempelkan pada ubun-ubun.

Meredakan pilek dan hidung tersumbat
     Cabai rawit dapat meredakan pilek dan juga kemapuan lain dalam masalah hidung tersumbat, hal ini karenakan pada cabai rawit terdapat capsaicin yang mampu mengencerkan lendir yang ada daerah tersebut. Sehingga cairan yang membuat mampet dapat keluar dan encer.

Menjaga kesehatan mata
     Kandungan vitamin B2 pada cabai rawit mampu membantu dalam menjaga kesehatan mata, sehingga mata akan selalu sehat jarang sering mata mengalami sakit mata serta ata menjadi lebih tajam dan jelas ketika melihat. Jadi tidak hanya mengonsumsi wortel saja untuk menjaga kesahatan mata, namun dapat pula dengan mengonsumsi cabai rawit. Tetapi jangan berlebihan dalam mengonsumsinya.

Mencegah penyakit beri-beri
     Penyakit beri-beri yang menyerang tubuh manusia bisa diatasi dengan cabai rawit yang ada disekitar, alasannya karena pada cabai rawit itu sendiri terdapat kandungan B1 yang mempu mencegah terjadinya penyakit beri-beri.


     Bawang merah (Allium ascolonicum ) termasuk famili Liliaceae. Umbi yang dihasilkan oleh semua varietas bawang merah memiliki kandungan minyak asiri, sikloaliin, metilaliin, dihidroaliin, kaemferol; kuersetin, dan floroglusin. Selain itu, bawang merah juga mengandung sulfur organik, enzim allinase, flavonoid, asam fenol, sterol, saponin, pektin, ellagik, kaffeik, sinapik, asam p-koumarik, minyak volatil, dan senyawa allil propil disulphide (APDS). merupakan tanaman bumbu yang sering digunakan untuk berbagai keperluan. Selain sebagai bumbu masak, tanaman dengan nama Latin (Allium cepa var ascalonicum (L) Back ini memiliki banyak khasiat kesehatan maupun kecantikan.

     Bawang merah mengandung zat anti-inflamasi, anti-alergi, antioksidan, dan zat anti kanker. Selain itu, tanaman yang biasanya ditanam di daerah pegunungan ini kaya akan vitamin A, B6, B kompleks dan C, serta zat besi, folat dan kalium. Bawang merah juga sumber terbaik dari senyawa sulfat, flavonoid dan phytochemical.

     Bawang merah merupakan salah satu tanaman herbal tertua yang sering dibudidayakan. Tanaman yang terasa pedas di mata saat diiris ini memiliki tempat khusus dalam dunia kuliner karena mampu dipadukan dengan hampir semua jenis bumbu lainnya. Anda dapat menyertakan bawang dalam soto, rawon, sate, sup, topping pizza, kari, dan banyak lagi. Nah, berikut manfaat kecantikan dan kesehatan dari bawang merah mentah yang selama ini tak banyak orang tahu, 
diantaranya manfaat tersebut yaitu :

Meningkatkan pertumbuhan rambut
     Bawang merah mentah efektif dalam mencegah rambut rontok dan menyuburkan rambut. Sulfur dalam bawang merah membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan meningkatkan produksi kolagen yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut baru.
Cara pemakaiannya :
  • Blender bawang merah secukupnya.
  • Campur dengan 1 sendok teh madu dan tiga tetes minyak esensial lavender.
  • Pijat ke kulit kepala secara merata.
  • Tutup rambut dengan shower cap dan biarkan semalam atau setidaknya selama 1 jam. 
  • Bilas rambut dengan air lalu keramas seperti biasa.
  • Ulangi perawatan ini 2 atau 3 kali seminggu sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.
Mengatur kadar gula darah
     Bawang merah sangat baik bagi penderita diabetes. Senyawa sulfur yang disebut allyl propyl disulfide dalam bawang merah membantu meningkatkan produksi insulin dan kadar glukosa darah untuk penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2. Selain itu, bawang merah mengandung jumlah kromium yang meningkatkan toleransi glukosa tubuh. Oleh sebab itu, penderita diabetes sangat disarankan untuk mengonsumsi bawang merah mentah secara rutin.

Mencegah berbagai jenis kanker
     Bawang merah mempunyai efek menguntungkan dan pencegahan pada berbagai kanker, seperti kanker paru-paru, kanker ovarium, kanker perut, kanker kandung kemih, kanker payudara, kanker kolorektal, kanker prostat, kanker mulut, kanker hati dan kanker otak.
Kandungan fenolik dan flavonoid bawang merah mampu menjadi zat antioksidan yang melawan sel-sel kanker. Fakta ini dibuktikan oleh sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition. Hasilnya menunjukkan hubungan positif antara frekuensi asupan allium (bawang merah dan bawang putih) dalam mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

Menurunkan risiko penyakit jantung
     Asupan bawang merah teratur dapat mengurangi risiko kondisi seperti pengerasan arteri, tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke. Quercetin ditemukan dalam bawang merah memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang baik untuk kesehatan jantung. Sebuah studi 2007 yang diterbitkan dalam American Society for Nutrition menunjukkan quercetin membantu mengurangi tekanan darah pada pasien hipertensi. Bahkan, bawang merah membantu mencegah penumpukan kolesterol yang menyebabkan penyumbatan dan pengerasan arteri.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
     Karena mengandung polifenol, bawang merah berkhasiat meningkatkan kekebalan tubuh serta melindungi tubuh dari radikal bebas. Tak cuma itu, bawang merah mengandung mineral selenium yang membantu meningkatkan kekebalan dengan meningkatkan respons imun. Fungsi kekebalan tubuh akan menurun selama pengobatan radiasi untuk penderita kanker. Akan tetapi dengan asupan makanan yang kaya quercetin, sistem imunitas penderita kanker dapat kembali meningkat dan tidak rentan sakit.

Meningkatkan kepadatan tulang
     Bawang merah membantu memperlambat pengeroposan pada tulang. Itu sebabnya, mengonsumsi bawang merah mentah sangat ampuh untuk mencegah osteoporosis. Sebuah studi tahun 2009 membuktikan mengonsumsi bawang merah setiap hari meningkat kepadatan tulang pada wanita menopause. Para peneliti juga menyimpulkan bawang merah dapat menurunkan risiko patah tulang pinggul pada wanita hingga 20 persen.

Mengatasi penyakit asma
    Bawang merah juga dapat mengurangi gejala asma dan gangguan pernapasan lainnya. Menurut sebuah studi 2013 yang dipublikasikan dalam American Journal of Physiology, quercetin yang ditemukan dalam bawang mampu membantu mengendurkan otot-otot saluran pernapasan dan mengurangi gejala asma. Selain itu, kandungan sulfurnya bekerja sebagai agen anti-inflamasi yang efektif meredakan asma. Namun patut diingat, jika Anda alergi terhadap asparagus, kemungkinan Anda juga alergi terhadap bawang merah. Jadi, hentikan asupan bawang merah apabila muncul gejala alergi.

Meningkatkan kesehatan mulut
      Bawang mentah memang dapat menyebabkan napas Anda berbau tak sedap. Namun bawang merah mentah berkhasiat meningkatkan kesehatan mulut Anda. Bawang mentah memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengurangi bakteri berbahaya penyebab gigi berlubang dan penyakit gusi.
Caranya sangat mudah yaitu :
  • kunyah sepotong bawang mentah setiap hari selama 2 sampai 3 menit untuk menyingkirkan bakteri jahat di dalam mulut Anda.
Menyehatkan kulit
      Bawang merah mentah dapat membuat kulit Anda sehat dan bercahaya. Tanaman ini juga berkhasiat mengurangi bintik-bintik hitam dan pigmentasi kulit serta mencegah timbulnya jerawat.
Cara membuatnya yaitu:
  • campurkan 1 sendok makan jus bawang merah dengan ½ sendok makan yogurt.
  • Oleskan pasta ini pada daerah kulit dan leher tunggu 10 menit.
  • kemudian bilas dengan hangat. Gunakan masker ini sekali atau dua kali seminggu.
Membasmi kutu rambut
Anda bahkan dapat menggunakan bawang mentah untuk menghilangkan kutu pada kulit kepala. Kandungan sulfur yang tinggi membantu membunuh kutu kepala serta telurnya. Sebuah studi tahun 2014 menemukan bawang efektif dalam membunuh kutu kepala.
Caranya yaitu :
  • Blender 2-3 bawang merah.
  • Oleskan pada kulit kepala dan pijat sampai ke akar rambut.
  • Tutup rambut dengan shower cap selama 2 sampai 3 jam.
  • Setelah itu, bilas rambut dengan air hangat.
  • Angin-anginkan rambut sampai benar-benar kering.
  • Kemudian sisir rambut dengan sisir nit untuk menghilangkan sisa kutu mati.
  • Ulangi setiap hari selama 3 hari serta lakukan seminggu sekali sebagai pencegahan.



     Bawang putih (Allium Sativum L) termasuk famili Liliaceae. Bawang putih mengandung vitamin B dan C, serta beberapa mineral seperti fosfor, kalsium, kalium, dan besi. Setiap 100 gram bawang putih mengandung 95 kalori. Kandungan ini berkhasiat menyembuhkan beberapa jenis penyakit, yaitu bronkitis, influenza, rematik, beri-beri, migren, hipertensi, radang telinga, sinusitis, asma, batuk biasa, batuk rejan, diare, gondongan atau parotitis, hepatitis, sering buang air kecil atau polyuria, sakit ketika haid atau dismenorhea, kanker– lambung, kanker paru-paru, kanker payudara, pencegah keracunan, bisul, borok, bengkak karena keracunan, dan sakit disengat lipan.

     Di samping itu, bawang putih juga bisa pula dimanfaatkan untuk mengatasi TBC, radang pada selaput otak (epidemic cerebrospinl meningitis), pendarahan pada hidung (mimisan), radang lambung akut, frigiditas pada wanita, ascites, penambah stamina, rnengobati sakit gigi, mempertahankan kebugaran, mempertahankan gairah seksual, penawar racun.

      Manfaat Bawang Putih & Khasiat Bawang Putih Bagi Kesehatan & Kecantikan
Bawang putih, dalam pengenalan lebih jauh manfaat dan khasiat bawang putih untuk kesehatan dan kecantikan kulit dan rambut dapat ditinjau dari berbagai pendekatan, salah satunya sejarah manfaat bawang putih atau khasiat bawang putih. Secara historis, pemanfaatan bawang putih tidak hanya populer di masa kini, melainkan manfaat bawang putih sudah dikenal khasiatnya sejak dimulai pada peradaban manusia. Sebagaimana pembuktian manfaat bawang putih dari pernyataan Hipocratesbahwa sejak zaman Babilonia dan Yunani, bawang putih dimanfaatkan sebagai obat perangsang (prespiran) yang memiliki manfaat dan khasiat untuk obat sembelit, tidak hanya itu bawang putih juga berkhasiat pelancar air seni.

     Aristoteles pernah menguji manfaat dan khasiat bawang putih sebagai pengobatan di tahun 335 SM, tidak hanya itu, diabad pertengahan, manfaat bawang putih digunakan sebagai obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi kehilangan nafsu makan, gangguan paru, gigitan ular, batuk rejan, dan kebtakan.

     Manfaat bawang putih dalam catatan sejarah Mesir Kuno bahwa bawang putih memiliki peran dalam pembangunan piramida-piramida besar yang saat dikerja, para pekerja diberi makanan bawang putih dengan jumlah yang besar. Menurut keyakinan mereka bahwa bawang putih memiki manfaat dan khasiat menangkal penyakit, dan juga memiliki manfaat dan khasiat untuk memberi dan menambah daya tahan tubuh agar tetap kuat.

     Sedangkan ulasan sejarah manfaat dan khasiat bawang putih saat Perang Dunia Ke-2, bawang putih dikonsumsi prajurit tempur karena manfaat bawang putih yang diyakini dan bertujuan memberikan khasiat untuk meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh dalam menangkal dan menyembuhkan berbagai penyakit.

     Dicina pun begitu, manfaat bawang putih atau khasiat bawang putih sudah dikenal sejak dulu sebagai pengobatan tradisional, karena saat itu cina sering menggunakan tumbuh-tumbuhan sebagai pengobatan termasuk bawang putih, alasannya cina menggunakan tumbuh-tumbuhan sebagai pengobatan adalah tidak hanya menyembuhkan bagian tubuh yang sakit, tetapi mengobati seluruh bagian tubuh dan meningkatkan kesehatan tubuh. Hal ini karena bahan-bahan alami yang bergizi bagi tubuh.

     Setelah pembuktian manfaat bawang putih atau khasiat bawang putih secara historis, manfaat bawang putih dan khasiat bawang putih dapat juga ditinjau dari berbagai cerita-cerita rakyat akan khasiat bawang putih yang mana diakhir tahun 60-an, seorang bibi yang membawa botol berisi kapsul bawang putih, atau "pearles". Bibi mengatakan manfaat bawang putih bahwa dengan mengonsumsi kapsul bawang putih dapat menjaga tubuh agar senantiasa sehat. Manfaat bawang putih atau khasiat bawang putih terus diyakininya menjelang beberapa bulan ulang tahun ke-100 ia meninggal. Dari cerita ini, mungkin ada yang berfikir bahwa manfaat dan khasiat bawang putih memberi umur yang panjang seperti bibi Nancy, tetapi manfaat dan khasiat bawang putih jangan dijadikan pengukuran umur panjang bibi Nency karena dari riwayat mengatakan bahwa bibi tersebut selalu melakukan aktivitas sehat, dan selalu sarapan pagi dengan apel dan pisang.

     Dari cerita bibi Nancy diatas, dan anda yang berkesimpulan bahwa terdapat manfaat bawang putih atau khasiat bawang putih menambah umur atau memperlama hidup dan kembali berubah karena mengetahui bahwa pola hidup bibi Nancy sehat, tetapi menurut penelitian bahwa manfaat bawang putih atau khasiat bawang putih tidak menyebutkan memberi umur panjang, namun bawang putih berkhasiat sebagai zat alami anti penuaan karena bawang putih dapat bermanfaat meremajakan urat-urat darah lebih mudah 15 tahun. Manfaat bawang putih yang luar biasa. Tidak hanya itu, ada banyak lagi yang menceritakan pengalaman manfaat dan khasiat bawang putih.

     Diabad ke-17, ketika terdapat suatu wabah yang melanda sebagian belahan Eropa, terdapat dua kelompok pendeta yang menjadi perhatian yaitu pendeta Perancis dan pendeta Inggris yang bertahan hidup lebih lama karena mengonsumsi bawang putih dalam jumlah yang banyak dalam melawan wabah sampar.

     Berdasarkan buku Complete Herbal (1653) oleh Nicholas Culpeper mengklaim bahwa bawang putih sebagai penyembuh dari segala penyakit: suatu obat untuk semua penyakit dan luka. Bawang putih melancarkan air seni, dan siklus bulanan wanita, mengobat gigitan anjing gila dan gigitan binatang lain yang berbisa, membunuh cacing pada anak-anak, luka dan buang air, dahak, menghilangkan sakit kepala, dan lemas. Bawang putih merupakan pencegah serta obat bagi wabah apa saja, sakit tenggorokan atau bork bernanah.

     Berbagai pujian terhadap manfaat dan khasiat bawang putih dalam menyembuhkan berbagai penyakit, pengobatan, kesehatan dan kecantikan, terdapat juga suatu catatan sejarah kepopuleran bawang putih sekaligus manfaat dan khasiatnya tidak diyakini lagi yaitu pada awal abad ke-19 di Inggris, dari Ny Beeton dalam karya buku masak Victorian-nya tidak menulis bawang putih dan dianggap bawang putih tidak cocok sebagai bahan masakan dan hanya senyeka pada mangkuk salad. Sebagai orang menyatakan: "Bau bawang putih umumnya dianggap menusuk hidung".

    Diawal abad ke-20, awal kebangkitan bawang putih dalam menyebarkan manfaat dan khasiatnya, saat itu mereka pernah mendengar manfaat dan khasiat bawang putih dari sumber-sumber asing. Maka diperang Dunia I, orang Rusia memanfaatkan bawang putih yang telah dilumatkan dan manfaat bawang putih untuk pembalut luka, mencegah pembusukan, dan terus berlanjut dalam menggunakan manfaat bawang putih sebagai penyembuh dalam Perang Dunia I, dan lanjut di Perang Dunia ke-2 bawang putih telah dikenal sebagai "Penelisin Rusia". Sedangkan di libanon, manfaat bawang putih atau khasiat bawang putih dikenal sebagai resep untuk diet.

     Diakhir 20 tahun terakhir manfaat dan khasiat bawang putih mengalami masa kebangkitan. Sebegitu besarnya pengaruh khasiat bawang putih sehingga di tahun 1994, didirikanlah Pusat Informasi Bawang Putih- dan sampai saat ini terus berkembang di Sussex Timur, untuk mempromosikan manfaat bawang putih sebagai obat segala penyakit dari masuk angin yang umum hingga penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, dan sirkulasi darah yang tidak lancar. Dan masih banyak lagi manfaat bawang putih atau khasiat bawang putih yang pernah hanya sebatas mitos, dongeng, kisah oleh nenek-nenek moyang, dan sekarang telah terbukti dan tidak perlu lagi diragukan alasan menggunakan manfaat dan khasiat bawang putih.

Berikut manfaat bawang putih atau khasiat bawang putih bagi tubuh untuk menjaga kesehatan, mengobati penyakit, dan mempercantik atau kecantikan tubuh anda yaitu :

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Diabetes

     Bawang putih bermanfaat dan berkhasiat untuk diabetes dengan mengontrol diabetes dan gejala-gejala yang dapat menimbulkan diabetes, dengan mengonsumsi bawang putih setiap hari sesudah makan. Pagi, siang dan malam yang masing-masing dua atau tiga siung sekali makan. Dari pengalaman, mereka yang bobot badannya dibawah 60 kg untuk menggunakan dosis dua siung bawang atau 7 gram sekali makan. Sedang yang lebih dengan dosis 3 siung bawang atau 10 gram.
     Bawang putih dan cara pengolahan atau penggunannya untuk obat diabetes adalah dapat dibuat sambal kecap dengan diiris-iris bersama bawang merah dan cabe untuk teman makan nasi. atau dimemarkan kemudian diseduh dengan air panas sebanyak setengah gelas dan diblender, atau dijus; bawang putih diparut, diseduh air panas lalu minum setelah hangat bersama ampas-ampasnya.
     Sebelum menggunakan atau mencoba manfaat bawang putih atau khasiat bawang putih untuk obat diabetes adalah dengan memeriksa diabetes anda ke laboratorium atau dokter. Lalu gunakan resep tersebut selama seminggu, setelah itu cek kembali dan jika terjadi penurunkan kadar gula darah yang cukup banyak dosis diturunkan. Jika telah mendekati normal, kurangi konsumsi bawang putih.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Flu
      Flu dapat diobati tanpa menggunakan obat-obatan dipasaran dan harga mahal. Kini terdapat manfaat bawang putih untuk mengobati flu. Bawang putih dapat mengobati flu karena kandungan sulfur yang terkandung dalam bawang putih yang membuatnya bau dan rasa khas dengan meningkatkan dan mempercepat kegiatan membran mucous di saluran pernapasan, untuk membantu melegakan pemampatan dan mengeluarkan lendir. Kandungan phytochemical yang membantu membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit.
     Cara pengolahan atau cara penggunaan bawang putih untuk mendapatkan manfaat bawang putih atau khasiat bawang putih untuk mengobati flu adalah dengan menghancurkan bawang putih dan masukkan ke dalam susu dingin di dalam panci, lalu panaskan sekitar 1-2 menit, dan minum hangat-hangat.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Obat Batuk
      Cara membuat obat batuk dengan menggunakan tanaman-tanaman herbal atau alami atau pengobatan tradisional dengan bawang putih adalah dengan cara pembuatan obat batuk dengan bawang putih adalah cairan bawang putih sebanyak 5 tetes ke dalam 1 sendok teh, diminum sebanyak 3 kali sehari.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Kolesterol
       Biasanya dalam mengobati kolesterol dengan bawang putih itu dengan menggunaan jenis bawang putih lanang untuk obat kolesterol. Salah satu studi yang menunjukkan manfaat dan khasiat bawang putih sebagai obat kolesterol adalah dengan mengonsumsi 600 mg bawang putih setiap hari dapat menurunkan kolesterol secara dratis.
      Salah satu studi yang dilakukan The Journal of The Royal College of Physicians oleh Silagy CS dan Neil HAW tahun 1994 bahwa bawang putih merupakan agen yang dapat mengurangi lemak dan suplemen bawang putih sangat bermanfaat dan berkhasiat sebagai obat menurunkan kolesterol tinggi. Menurutnya penurunan terbesar secara keseluruhan adalah 12% dari total kolesterol dalam 4 minggu perawatan.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Kanker
       Bawang putih dengan kandungan Organosulfida dalam bawang putih bermanfaat dan berkhasiat dalam memerangi kanker khususnya manfaat dan khasiat bawang putih untuk kanker perut dan usus besar. Organosulfida membantu hati dalam memproses senyawa kimia beracun. Berdasarkan penlitian Penn State University menyarakan untuk mendapatkan manfaat bawang putih untuk mengobati kanker atau khasiat bawang putih disaat setelah bawang putih dipotong atau ditumbuk tunggu hingga 12 menit,untuk membentuk kandungan memerangi kanker.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Kanker Payudara dan Kanker Prostat
      Bawang putih dapat bermanfaat dan berkhasiat bagi anda dalam mencegah dan menghamt pertumbuhan kanker payudara dan kanker prostat seperti resep diatas tentang manfaat bawang putih dan khasiat bawang putih untuk obat kanker.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Ibu Hamil/ Kehamilan
     Dari riset terbaru bawang putih dapat mengurangi resiko komplikasi kehamilan pre-eclampsia (meningkatkan tekanan darah kandungan protein urine). Manfaat bawang putih untuk ibu hamil adalah menaikkan berat badan bayi dan meningkatkan keselamatan ibu hamil. Riste Dr. D. Sooranna, Ms J. Hirani dan Dr. I Das diAcademic Departement of Obsterrics dan Gynaecology, Chelsea dan Westminster Hospital in London UK. Menyimpulkan walaupun pre-eclampsia dan kelambatan pertumbuhan merupakan kondisi yang kompleks, mengonsumsi tablet bawang putih secara standar selama masa kehamilan dapat mengurangi kemungkinan komplikasi kelahiran. Kelambatan pertumbuhan bayi sangat berbahya bagi ibu dan anak yang terjadi kira-kira diantara sepuluh kehamilan. Hasil ekstrak bawang putih pada sel-sel plasenta memungkinkan menderita kondisi tersebut terbukti dapat menstimulasi pertumbuhan dan kegiatan enzim penting yang tidak normal pada kehamilan juga berkurang.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Wasir
     Wasir/Ambeien dapat disembuhkan dengan bawang putih. Manfaat bawang putih untuk obat ambeien sangatlah mudah dalam proses pembuatan obat wasir/ambeien. Cara menggunakan manfaat bawang putih untuk ambeien adalah dengan membersihkan daerah anus dan sekitarnya dengan menggunakan air hangat dan sabun, oleskan jus/beberapa siung bawang puting yang telah dimemarkan sebanyak 3-5 kali pada anus yang telah dibersihkan, tunggulah hingga beberapa menit lalu bersihkan.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Bagi Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)
     Bawang putih bermanfaat dan berkhasiat untuk darah tinggi (hipertensi). Memanfaatkan bawang putih untuk penderita hipertensi dapat terjadi karena khasiat bawang putih yang mengurangi ketegangan saluran darah arteri. Tidak hanya itu manfaat bawang putih bagi hipertensi, bawang putih juga menormalkan detak jantung dan gejala pusing, sesak nafas dan pembentukan gas dalam saluran pencernaan.
Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Meningkatkan Stamina
     Bawang putih bermanfaat dan berkhasiat dalam menambah atau meningkatkan stamina sehingga bawang putih bermanfaat dan berkhasiat dalam meningkatkan antibiotik yang menambah daya tahan tubuh. Kajian mendalam manfaat bawang putih ternyata berkhasiat sebagai sumber stamina dan kekuatan fisik tinggi. Anda yang tiba-tiba sakit, mudah lelah merupakan konsumsi yang wajib mendapatkan manfaat dan khasiat bawang putih dengan cara mengolah bawang putih yang biasa dilakukan yaitu dalam olahan masakan dan menelannya.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan Jantung
      Jantung merupakan bagian terpenting atau organ terpenting dalam tubuh manusia sehingga kesehatan jantung harus diperhatikan dan dijaga. Dalam menjaga kesehatan jantung dan mengembalikan kesehatan jantung anda dapat memanfaatkan bawang putih karena khasiat bawang putih yang dapat mencegah serangan jantung, membantu mengecilkan sumbatan pada arteri jantung dari penelitian yang telah dilakukan dengan cara mengonsumsi bawang putih secara teratur sekitar 2-3 siung setiap hari anda dapat menjaga kesehatan jantung dan mengurangi resiko terkena serangan jantung.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Dengan Antibakteri
     Bawang putih dari hasil penelitian mengandung asam amino allicin yang memiliki sifatantibakteri,antiviral dan antifungal khususnya dalam mengatasi parasit usus. Kemampuan bawang putih yang mirip dengan penicillin dapat mengatasi bakteri walaupun tidak dimaksukkan sebagai pengganti penicillin, namun bawang putih dapat digunakan manfaat dan khasiatnya sebagai obat untuk bakteri.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Mengobati Infeksi Luka
     Bawang putih bermanfaat dalam mengobati infeksi luka dengan gerus bawang dan ambil airnya, lalu lulurkan pada ke luka. Luka sebelumnya dilapisi dengan perban tipis.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Mengobati Kutil dan Masalah Kulit
     Khasiat bawang putih yang dapat melawan infeksi dan bakteri membuatnya menjadi bahan pengobatan yang efektif dalam mengatasi kutil dan masalah kulit lainnya.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Mengurangi Sakit Tenggorokan dan Sakit Gigi
      Manfaat bawang putih untuk sakit gigi dengan mengurangi dan bahkan dapat menyembuhkan sakit gigi yang anda derita dan juga sakit tenggorkan karena sifatnya antibakteri dan anestesi sehingga membantu menyembuhkan sakit gigi. Cara mengolah manfaat bawang putih atau khasiat bawang putih cukup dengan kupas kulit bawang putih, kunyah bawang dan telan airnya.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Obat Wajah Jerawat.Bawang putih bermanfaat dan berkhasiat sebagai obat jerawat
     Dalam pembuatan bawang putih buat jerawat sangatlah mudah anda gunakan dalam cara membuat obat jerawat anda dengan bawang putih tanpa mengeluarkan biaya yang mahal, jerawat anda dapat hilang dengan mudah. Berjerawat merapakan masalah yang amat penting, caranya dengan bawang putih adalah tumbuk halus bawang putih sampai membentuk pasta dan oleskan pada bagian yang bermasalah di kulit misalnya kulit. Tidak hanya itu resep obat jerawat ini dapat juga sebagai obat kutil dan eksim.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Obat Sakit Kepala
    Cara memanfaatkan bawang putih sebagai obat sakit kepala adalah dengan menghaluskan umbi bawang putih dengan ditumbuk dan ditempelkan sebagai kompres di dahi.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Asma
    Bawang putih sangat bermanfaat dan berkhasiat sebagai obat asma. Cara membuat obat asma dengan bawang putih adalah dengan menumbuk halus 3 siung bawang putih, lalu campur dengan 1 sdm madu dan gula batu secukupnya hingga merata. Peras/saring dan minum setiap pagi hingga keluhan sembuh. Manfaat bawang putih untuk asma dalam resep ini juga dapat digunakan mengobati masuk angin dan batuk.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Sebagai Obat Hepatitis (Sakit Kuning)
     Manfaat bawang putih dalam mengobati sakit kuning (hepatitis) yang penyakit ini sangat berbahaya. Cara menggunakan bawang putih sebagai obat sakit kuning adalah dengan menumbuk halus 1 siung bawang putih, lalu rebus bersama gula batu (1 bongkah sebesar telur ayam) dengan 3 gelas air. Biarkan hingga mendidih, aduk hingga merata, kemudian disaring. Minum sebanyak 2 kali 2 sendok makan setiap pagi dan sore.
Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Mengatasi Sembelit.
     Bawang putih dapat anda gunakan dalam mengatasi sembelit atau pencernaan yang kurang lancar, cara mengolah bawang putih untuk obat sembelit adalah menghaluskan bawang putih dan bawang merah secukupnya dengan cara ditumbuk, lalu peras. Air hasil perasan bawang putih di saring dan diminum seperti biasa.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Mengobati Luka Memar
     Cara membuatnya sangatlah mudah dengan menumbuk halus bawang putih, lalu tambahkan sendok makan madu. Campurkan hingga merata, lalu oleskan pada memar anda.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Mengobati Luka Akibat Benda Tajam Berkarat
     Cara membuatnya dengan membakar umbi bawang putih, lalu celupkan ke dalam minyak kepala. Tumbuk hingga halus, kemudian oleskan pada luka anda.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Vitalitas Pria
     Manfaat bawang putih bagi vitalitas pria atau zakar atau penis, yang bagi pria, vitalitas sangat mempengaruhi hubungan dan mempererat hubungan anda. Khasiat bawang putih untuk vitalitas dapat dibuat dengan cara mudah cukup dengan mengkonsumsinya setiap hari, namun bagi anda yang memiliki masalah dengan bau badan, diharapkan untuk tidak mengonsumsinya karena bawang putih dapat menambah bau badan anda. Bawang putih dapat bermanfaat bagi vitalitas atau memperpanjang penis dan memiliki manfaat dalam mencegah ejakulasi dini karena senyawa alami seperti aliin yang didukung oleh enzim alinase, alisin, dan asam piruvat, ammonia, sulfur yang berkhasiat untuk vitalitas pria.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Miss V Yaitu Manfaat Bawang Putih Untuk Keputihan
     Cara memanfaatkan bawang putih untuk obat miss v yang salah sat adalah keputihan dengan mengonsumsi bawang putih satu siung sehari dapat membantu dan mempercepat penyembuhan infeksi karena zat anti fungal atau anti jamur.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Vertigo
     Cara mendapatkan manfaat bawang putih untuk mengatasi vertigo adalah sangatlah mudah dengan cara mengonsumsi setiap hari 5-7 siung yang dicincang seperti obat yang pake air putih setiap pagi sebelum bekerja.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Varises
Cara membuat obat varises dengan bawang putih adalah dengan menggunakan 5 siung bawang putih yang kemudian dicincang halus yang disimpan ke dalam toples bersih tambahkan 3 buah perasan jeruk nipis dan 2 sendok minyak zaitun dan tutup rapat hingga 12 jam lamanya. Setelah itu gunakan ramuan herbal untuk varises dengan bawang putih dll dengan menggosokkan kekaki yang terkena varises. Sebelum itu kocok toples agar seluruh ramuan tercampur sebelum digunakan.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Asam Urat
     Bawang putih dapat bermanfaat untuk asam urat karena khasiat bawang putih yang meredakan atau mengurangi rasa sakit misalnya nyeri, kesemutan, pega linu pada persendian yang memang wajar muncul pada penderita asam urat, bawang putih dapat bermanfaat karena adanya zat anti-inflamasi yang terkandung, tidak hanya itu bawang putih juga bermanfaat dan berkhasiat dalam mengurangi kadar purin karena kandungan bawang putih yang mengikat purin berlebih dan dibuang ke anus sehingga asam urat menjadi normal kembali. Cara mendapatkan manfaat bawang putih untuk asam urat adalah dengan mengonsumsi 2siung bawang putih setiaphari.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Asam Lambung (Maag)
     Cara mendapatkan manfaat bawang untuk asam lambung (maag) adalah sangatlah mudah cukup dengan menyiapkan beberapa siung bawang putih yang diparut sampai halus. Hasil parutan dimasukkan ke dalam satu gelas air hangat yang diaduk hingga rata. Saring arinya, kemudian dikonsumsi sebagai obat maag setiap hari. Lakukan secara rutin untuk meredakan maag. Perlu anda ketahui bahwa maag atau asam lambung tidak hanya dapat disembuhkan atau diatasi dengan bawang putih karena faktor-faktor terjadi maag (asam lambung) itu menjadi penentu anda dapat mengatasi maag atau tidak.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Herpes
     Cara mendapatkan manfaat bawang putih untuk herpes adalah dengan mencincang bawang putih dan meletakkan pada tempat yang melepuh setidaknya selama 20 menit lalu bersihkan, lalu bilas dengna air hangat. Ulangi proses tersebut selama 5 kali untuk mendapatkan manfaat bawang putih untuk menghilangkan herpes anda. Manfaat bawang putih untuk herpes dapat terjadi karena anti-fungal,antibakteri, antivirus dan kandungan mineral seperti zat besi, fosfor, sulfur, dan kalsium dan minyak esensial seperti allicin yang disebut sebagai antibiotik alami.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Ibu Menyusui
     Bawang putih dapat bermanfaat untuk ibu menyusi dengan khasiat yang memberikan ibu dapat menyusui lebih lama dan bayi dapat tertarik minum ASI dari jurnal Pediatrics.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Mengatasi Mastitis
     Cara mendapatkan manfaat bawang putih untuk mengatasi mastitis adalah dengan mengonsumsi 2 hingga 5 siung bawang putih perharinga sebagai tambahan dari obat yang diberikan dokter. Mastitis adalah kondisi payudara bengkak karena adanya sumbatan susu atau terkena infeksi.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Ereksi Lebih Lama
     Lagi-lagi bawang putih memberikan manfaat untuk vitalitas pria dengan manfaat bawang putih buat ereksi yang lebih lama, hal ini berdasarkan studi oleh Dr. Graham Jackson, konsultan St Thomas Hospital di London, bahwa allicin dapat meningkatkan dorongan seks dari laki-laki yang mengalami masalah ereksi.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Rambut (Kerontokan)
     Bawang putih dapat mencegah rambut anda rontok karena senyawa antibakteri yang dapat memusnahkan parasit dan infeksi di kepala. Cara mendapatkan manfaat bawang putih untuk rambut rontok adalah dengan menghaluskan bawang putih lalu menambahkan minyak zaitun yang kemudian dioleskan di kulit kepala. Lakukan setiap hari dengan rutin.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Rambut Botak
      Cara mendapatkan manfaatkan bawang putih untuk rambut botak agar rambut anda dapat kembali tumbuh adalah dengan pembuatan yang sangat mudah, cukup menghaluskan bawang putih menggunakan blender, oleskan ke rambut, biarkan selama seharian.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Menurunkan Berat Badan
     Bawang putih dapat menurunkan berat badan anda karena kandungan zat anti-inflamasi yang membantu mengatur sel lemak dalam tubuh kita. Bertambahnya berat badan karena lemak yang terus terbentuk, tahapan ini mengubah Pre-adiposit ke sel-sel lemak atau adipcytes atau dinamakan proses sisten inflamasi. Vinylidthiin zat yang terdapat bawang putih bermanfaat dalam menghambat terjadi proses inflamasi yang tentu saja dapat menurunkan berat badan dan mencegah bertambahnya berat badan.

Manfaat Bawang Putih dan Khasiat Bawang Putih Untuk Diet

     Bawang putih bermanfaat untuk diet karena kandungan kalori rendah, namun kaya nutrisi, vitamin C dan kalsium serta zat besi. Sehingga bawang putih dapat menjadi salah satu resep diet anda.



     Tomat (Solanum jycopersicum L) termasuk famili Solanaceae. Bentuk dan warna buah tomat bervariasi, tergantung dari jenis dan varietasnya. Buah tomat dikenal sebagai buah berdaging dan mengandung banyak air. Buah tomat yang dapat digunakan untuk pengobatan adalah buah yang tidak terlalu masak, padat, dan warnanya soragam. Tomat dengan kondisi tersebut kaya akan protein, kalsium, fosfor, besi, belerang, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. Setiap 100 gram buah tomat mengandung sekitar 20-23 kalori. Tomat berkhasiat mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit, seperti influenza, radang prostat (prostatitis), kanker prostat, gusi berdarah (gingivitis), diabetes mellitus, kulit bengkak akibat keracunan, bisul di mulut, bisul di perut, pembersih hati, usus buntu, mempertahankan kebugaran tubuh, jerawat, dan wasir.

     Tomat bisa dikatakan sebagai jenis buah-buahan, namun dalam penggunaanya paling sering adalah sebagai sayuran. Rasanya yang asam seringkali dianggap menambah kelezatan banyak jenis masakan. Sebagai buah, tomat masak juga lezat dikonsumsi mentah dan ada yang menarik, yaitu tomat cukup enak untuk dibuat minuman buah atau jus. Lalu apa manfaat tomat bagi kesehatan, termasuk dilihat dari kandungan nurrisinya?
    Tomat diketahui mengandung sejenis antioksidan kuat yang disebut Lycopene dalam jumlah banyak, yaitu zat yang membuat warna merah pada buah ini. Bukan hanya itu, buah tomat juga telah terbukti mengandung suatu senyawa yang disebut sebagai asam alfa lipoic, yang bermanfaat membantu mengontrol glukosa dalam darah, meningkatkan vasodilatasi dan melindungi terhadap retinopati pada pasien diabetes, bahkan bisa membantu kelestarian otak dan jaringan saraf!. Senyawa nutrisi yang juga ditemukan dalam tomat termasuk kolin, merupakan nutrisi penting yang membantu tidur, fungsi gerak otot, belajar, dan fungsi memori. Kolin juga membantu untuk mempertahankan struktur membran sel, membantu transmisi impul saraf, membantu penyerapan lemak, dan mengurangi peradangan kronis. Beberapa Manfaat luarbiasa rutin makan tomat bagi kesehatan Mengkonsumsi semua jenis buah-buahan dan sayuran, termasuk tomat sangat bermanfaat bagi kesehatan. Diantaranya termasuk mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan bahkan kanker. Buah dan sayuran juga dikaitkan dengan kesehatan kulit dan rambut, meningkatkan energi, serta berat badan yang sehat. Secara keseluruhan, meningkatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran secara signifikan mengurangi risiko obesitas bahkan kematian dini. Berikut beberapa manfaat penting makan tomat bagi kita : Menurunkan resiko Kanker : Karena tomat mengandung berbagai antioksidan kuat seperti vitamin C dan likopen, maka sering makan tomat bisa membantu mencegah pembentukan radikal bebas yang telah diketahui bisa menyebabkan kanker, termasuk jenis yang paling umum yaitu kanker prostat, dan kanker kolorektal(kanker usus). Likopen dalam tomat dikaitkan menurunkan resiko kanker prostat, sementara betakaroten yang tinggi pada tomat dikaitkan dengan pencegahan kanker kolorektal. Menurut American Cancer Society , beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan diet kaya tomat mungkin memiliki risiko lebih rendah terhadap jenis kanker tertentu, terutama kanker prostat, kanker paru, dan kanker kolorektal. Penelitian lebih lanjut berbasis manusia masih diperlukan untuk mengetahui apa sebenarnya peran likopen dalam pencegahan atau pengobatan kanker. Menormalkan Tekanan darah : Mengurangi asupan natrium sangat penting untuk menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi, namun meningkatkan asupan kalium juga mungkin sama pentingnya karena efek vasodilatasinya. Menurut literatur, asupan kalium tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko kematian dari semua penyebab hingga 20%. Dalam hal ini tomat juga tinggi akan kandungan kalium. Menyehatkan jantung : Serat, kalium, vitamin C, dan, kolin adalah senyawa yang ditemukan dalam jumlah cukup baik pada buah tomat, dan semuanya sangat diperlukan untuk mendukung kesehatan jantung. Peningkatan asupan kalium yang disertai dengan menurunkan asupan natrium adalah perubahan pola makan yang paling penting untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Asupan tinggi kalium juga terkait dengan penurunan risiko stroke, mencegah kehilangan massa otot, menjaga kepadatan mineral tulang, serta menurunkan pembentukan batu ginjal. Manfaat bagi diabetes : Penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe dengan diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah yang rendah, dan pada diabetes tipe 2 mungkin mendapatkan manfaat untuk kadar gula darah, lipid, dan kadar insulin. Secangkir tomat menyediakan sekitar 2 gram serat. Meremajakan Kulit : Keberadaan Kolagen(zat yang mendukung kulit), keberadaannya sangat bergantung pada vitamin C. Hal ini karena vitamin C adalah nutrisi penting yang bekerja dalam tubuh sebagai antioksidan, yang berguna untuk mencegah kerusakan kulit akibat panas matahari, polusi, kerutan, dan secara keseluruhan meningkatkan tekstur kulit. Mencegah sembelit : Sembelit adalah kondisi yang sangat menyiksa, dan jika sering terjadi bahkan bisa meningkatkan resiko kanker usus. Makan makanan yang tinggi kandungan air dan serat seperti halnya tomat bisa membantu untuk terhidrasi dan melancarkan BAB. Serat sangat penting untuk meminimalkan kejadian sembelit dan mengeluarkan seluruh feses tanpa tersisa. Manfaat bagi kehamilan : Tomat mengandung folat, dimana nutrisi yang bernama folat ini sangat terutama bagi wanita hamil. Hal ini berguna untuk melindungi janin dari resiko cacat tabung saraf. Mencegah depresi : Selain penting bagi janin, Asam folat dalam tomat juga bisa membantu meredakan depresi dengan cara mencegah kelebihan pembentukan homosistein dalam tubuh. Kelebihan hormon ini bisa menghambat darah dan nutrisi untuk mencapai otak. Kelebihan homosistein juga akan mengganggu produksi hormon bahagia yaitu serotonin, dopamine, dan norepinephrine, yang mengatur suasana hati, tidur dan nafsu makan juga.

     Menurut sebuah penelitian, pria yang mengkonsumsi buah tomat dua atau tiga kali sehari dalam seminggu akan memiliki kualitas sperma yang baik. Sperma yang dihasilkan pun akan jauh meningkat. Fakta yang lebih menarik lagi adalah tomat dapat menyingkirkan ketidaksuburan pada pria. Jumlah rata-rata sperma pria kini mengalami penurunan. Faktor polusi lingkungan dan perubahan gaya hidup modern ikut berkontribusi dalam penurunan performa sperma. Contohnya, kebiasaan menaruh telepon genggam di kantong celana, meletakkan laptop di paha, terlalu sering mengonsumsi junk food, atau melakukan olahraga yang berlebihan. Jika Anda dan pasangan telah mencoba beragam cara untuk mendapatkan keturunan, tak ada salahnya anda dan pasangan menerapkan gaya hidup sehat dengan cara konsumsi tomat secara rutin.
Mengapa tomat baik untuk kesuburan?
Tomat mengandung lycopene yang juga dikenal dengan pigmen merah. Fungsinya adalah meningkatkan jumlah sperma hingga 70 persen. Penikmat tomat dengan sperma bentuk abnormal akan berubah menjadi normal. Kandunganlycopene yang ada di tomat berkontribusi 8-10% dalam membentuk sperma normal. Meski tampak kecil, kondisi ini akan membuat perbedaan yang signifikan bagi pasangan yang ingin memiliki keturunan.
Tak hanya itu, lycopene dalam tomat juga berkontribusi dalam mengurangi kerusakan DNA serta meningkatkan kematangan sperma dengan cepat. Inilah yang menjadi alasan mengapa para ahli selalu menganjurkan untuk memasukan tomat ke dalam daftar diet, seperti yang ditulis Boldsky.


     Berdasarkan penelitian, likopen sangat baik untuk pria. Mereka yang mengonsumsi tomat dan produk olahan tomat diperkirakan memiliki risiko kanker prostat lebih rendah. Yang patut dicatat adalah mengonsumsi tomat yang sudah diolah lebih baik daripada mengonsumsi secara mentah. Likopen dari tomat yang sudah diolah ataupun yang sudah di jus ternyata lebih mudah dicerna tubuh dibandingkan dengan likopen yang berasal dari tomat mentah. Mengolah tomat membantu lepasnya likopen dari sel-sel dalam tomat. Likopen sendiri merupakan jenis lemak yang larut. Jikapun tidak dijadikan jus, memasak tomat dengan minyak akan membantu pelepasan likopen dari selnya. Selalu perhatikan untuk tidak menambahkan gula atau garam berlebihan saat memasak tomat.

diantaranya manfaat tersebut yaitu :

Menurunkan kolesterol
Jus tomat diduga mampu mengurangi kolesterol jahat sebanyak 10 persen. Syaratnya cukup dengan mengonsumsi 25 miligram likopen per hari. Hanya saja karena studi ini masih terbilang baru, maka hasilnya pun masih membutuhkan penelitian lebih mendalam.

Meminimalisasi risiko kanker prostat

Konsumsi 10 porsi tomat atau lebih dalam seminggu diduga mampu memangkas risiko terkena kanker prostat hingga 18 persen. Hal ini diperkirakan karena likopen adalah antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan.Jika Anda ingin mengonsumsi jus tomat sesuai anjuran ini, pastikan juga untuk menjalani gaya hidup sehat, seperti olahraga secara teratur dan hentikan kebiasaan merokok.

Menurunkan tekanan darah
Manfaat tomat pada tekanan darah diduga baru bisa terasa setelah mengonsumsi tomat secara teratur, setidaknya selama delapan minggu. Namun hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut. Jika Anda menderita hipertensi, tidak ada salahnya mengonsumsi tomat secara teratur. Namun jangan menggantikan obat anti-hipertensi Anda dengan tomat.

Menurunkan risiko serangan jantung
Khasiat ini baru terbukti pada tikus. Tikus yang diberikan likopen memiliki tekanan darah yang lebih bagus dan memiliki lebih sedikit jaringan yang rusak, setelah terkena serangan jantung. Sayangnya, studi yang melibatkan manusia belum dilakukan. Untuk studi yang melibatkan manusia, likopen dipercaya dapat meningkatkan harapan hidup penderita gagal jantung. Namun seperti penyakit lainnya, diperlukan bukti ilmiah lebih kuat mengenai hal ini.

Mengurangi risiko stroke
Sebuah studi di Finlandia menyebutkan bahwa mengonsumsi banyak likopen dari tomat sangat terkait dengan penurunan risiko stroke hingga 65 persen.Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan berkat mengonsumsi jus tomat, bukan? Tidak ada salahnya untuk mulai menjadikan jus tomat sebagai salah satu minuman untuk menemani aktivitas sehari-hari. Dapatkan manfaat positif yang berlipat ganda sembari tetap menjalani pola hidup sehat.
loading...

"Lebih baik aku lelah mengejar matahari, daripada aku berdiam diri menunggu bintang jatuh"

Share this

Related Posts

loading...