loading...

Cara Mencuci Tangan Dengan Baik



Mencuci tangan adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari dengan menggunakan air ataupun cairan lainnya oleh manusia dengan tujuan untuk menjadi bersih, sebagai bagian dari ritual keagamaan, ataupun tujuan-tujuan lainnya.
Perilaku mencuci tangan berbeda dengan perilaku cuci tangan yang merujuk pada kata kiasan.
Mencuci tangan baru dikenal pada akhir abad ke 19 dengan tujuan menjadi sehat saat perilaku dan pelayanan jasa sanitasi menjadi penyebab penurunan tajam angka kematian dari penyakit menular yang terdapat pada negara-negara kaya (maju). Perilaku ini diperkenalkan bersamaan dengan ini isolasi dan pemberlakuan teknik membuang kotoran yang aman dan penyediaan air bersihdalam jumlah yang mencukupi.
Ada beberapa penyakit menular yang dapat mengakibatkan infeksi pada tubuh hanya dengan melalui sentuhan tangan, jenis penyakit yang dapat menular hanya melalui sentuhan tangan tersebut ada penyakit yang berbahaya dan ada juga yang hanya penyakit ringan. Yang dapat menular pada tubuh terutamanya pada si kecil, contohnya :
  • diare,
  • pilek,
  • penyakit hepatitis,
  • penyakit meningitis,
  • penyakit bronkitis dan
  • juga masih banyak penyakit menular lainnya yang dapat menular melalui sentuhan tangan orang lain.
Hal itu terjadi karena adanya bakteri dan virus yang terdapat pada tangan sehingga mudah di menular jika tidak mencuci tangan dengan benar.

cara mencuci tangan yang benar, yaitu : 
  • Mengusahakan untuk mencuci tangan dengan menggunakan air hangat pada saat membersihkan kuman di tangan
  • Mencuci tangan dengan menggunakan sabun, karena mencuci tangan hanya dengan air saja tidak cukup untuk menghilangkan kuman di tangan, maka dari itu selalu siapkan sabun anti bakteri yang khusus untuk cuci tangan. 
  • Ajarkan kepada si kecil supaya menggosok tangannya kurang lebih selama 15 sampai 20 detik pada saat mencuci tangan, hal itu dilakukan supaya kedua sisi tangan, pergelangan tangan hingga sela – sela jari si kecil dapat tercuci bersih.
  • Bilas tangan dengan air hingga bersih dari busa sabun, kemudian keringkan dengan menggunakan handuk yang khusus ataupun tisu hingga kering dan bersih. 
Beberapa cara mencuci tangan tersebut terbilang cukup mudah untuk dilakukan si kecil setiap saat, untuk melakukan hal itu sang ibu juga harus mengajarkan kepada sikecil tentang waktu yang tepat untuk mencuci tangan. 
Sehingga si kecil tahu saatnya ia harus cuci tangan, adapun waktunya yang tepat si bunda meminta supaya si kecil mencuci tangannya, yaitu : 
  • Ketika si kecil selesai bermain di halaman rumah atau di luar bersama teman – temannya, biasakan untuk meminta si kecil segera mencuci tangan setelah selesai bermain sebelum melakukan aktivitas yang lainnya 
  • Biasakan untuk meminta si kecil untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum makan 
  • Di saat musim banyak orang yang flu dan pilek usahakan si kecil selalu mencuci tangannya setiap saat, karena virus yang membuat sesorang terserang flu dan pilek dapat beterbangan sehingga dapat dengan mudah menempel pada si kecil yang akhirnya mengakibatkan infeksi. 
  • Meskipun tangan si kecil masih saja terlihat bersih dan wangi, beberapa bakteri di dalam toilet masih juga banyak, oleh karena itu selalu biasakan untuk meminta kepada si kecil supaya rajin mencuci tangan setelah ia dari toilet. 
Selain dari beberapa hal yang sudah tertulis di atas, ada juga waktu yang harus di ingatkan kepada si kecil untuk segera mencuci tangannya, yaitu pada saat ia selesai menjenguk orang sakit, setelah ia memegang hewan peliharaan, ataupun ketika ia selesai batuk dan bersin.
Untuk mengungkapkan kasih sayang kepada sang buah hati dapat di lakukan dengan berbagai cara seperti juga halnya anda selalu menjaga kesehatan dan juga selalu mengajarkan kepada si kecil untuk selalu menjaga kebersihan dirinya supaya terhindar dari berbagai macam penyakit.
Contohnya dengan si bunda selalu mengingatkan kepada buah hatinya untuk selalu rajin mencuci tangan selesai ia beraktifitas itu juga menunjukkan sebuah perhatian kasih sayang seorang bunda karena masih peduli akan kebersihan sang kecil sehingga selalu hidup sehat.
loading...

"Lebih baik aku lelah mengejar matahari, daripada aku berdiam diri menunggu bintang jatuh"

Share this

Related Posts

loading...