loading...

Cara Merawat Gigi Agar Putih dan Cara Merawat Gigi Balita




Merawat gigi ternyata sangatlah mudah, tergantung tingkat kemauan dan kesadaran seseorang akan kesehatan gigi itu sendiri. Sebagai alat pencernaan, gigi manusia layaknya sebuah pisau yang berfungsi untuk memotong makanan yang masuk agar menjadi lembut dan mudah dicerna oleh organ pencernaan tubuh manusia.
Selain itu, gigi manusia memiliki struktur pelindung yang sangat baik dalam rangka melindungi gigi agar tidak mudah rusak dan berlubang. Ya, email gigi adalah pelindung alami terbaik pada gigi manusia! Struktur gigi manusia berbentuk keras tetapi juga lentur ketika sedang mengunyah apapun benda yang masuk ke mulut termasuk makanan.
Lalu, apakah email gigi cukup untuk melindungi kesehatan gigi? Tidak. Walaupun gigi merupakan alat pengunya yang sangat baik namun email gigi saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan gigi itu sendiri. Berbagai zat yang masuk dalam mulut bisa saja akan merusak ketahanan dan kesehatan gigi terutama dapat merubah warna gigi tidak lagi menjadi putih bersih.
Jalan satu-satunya adalah menimbulkan kesadaran untuk merawat dan menjaga kesehatan gigiyang kemudian di laksanakan dalam bentuk perbuatan yang mengarah kepada perawatan gigi itu sendiri. Tahukah Anda, sebenarnya merawat gigi agar putih dan tetap sehat adalah sangat mudah dan sederhana. Ada banyak cara untuk melakukan itu dan walaupun sederhana dan mudah ternyata sangat ampuh menjaga kesehatan gigi terutama merawat gigi agar tetap putih. Berikut beberapa cara sederhana tetapi sangat ampuh untuk merawat gigi kita!

Cara Merawat Gigi Agar Putih dan Tetap Sehat

1. Hindari Makanan Manis
Bakteri dalam mulut sangat menyukai makanan manis atau yang mengandung gula. Untuk itu mengurangi volume makanan manis dalam mulut sangatlah jitu untuk menjaga agar bakteri dalam mulut tidak semakin berkembang.

2. Hindari Makanan Yang Masih Panas Atau terlalu Dingin
Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin dalam makanan atau minuman dapat merusak tingkat sensitivitas gigi bahkan sampai dengan dapat membuat retak pada struktur gigi itu sendiri. Bila hal itu sudah terjadi, bakteri akan mudah masuk dalam struktur gigi dan menyebabkan sakit gigi atau bahkan menambah kerusakan gigi terutama pada warna putih di gigi. Untuk itu, sebelum makan atau minum masuk dalam mulut, pastikan terlebih dahulu bahwa makan atau minuman tersebut tidak terlalu panas maunpun terlalu dingin.

3. Menggosok Gigi Minimal 3 Kali Sehari
Terlalu sering menggosok gigi akan menyebabkan kerusakan pada email gigi. Untuk itu, untuk merawat gigi agar putih dan tetap sehat, rajin menggosok gigi minimal 3 kali dalam sehari sangatlah dianjurkan terutama saat sebelum tidur malam. Hal ini berfungsi agar sisa makanan yang menyangkut di gigi tidak samakin bertambah dan memutus perkembangan bakteri yang memakan sisi makanan tersebut.

4. Banyak Makan Buah-Buahan Segar
Selain baik untuk kesehatan tubuh, ternyata serat dalam buah-buahan segar dapat membantu menghilangkan kotoran dan sisa-sisa makan yang menempel pada gigi. Untuk itu, semakin kita sering makan buah-buahan segar maka kesehatan gigi akan semakin terjaga pula.

5. Sering Mengunyah Permen Karet
Selain sebagai senam otot mulut, ternyata mengunyah permen dapat merangsang air liur dalam mulut semakin meningkat. Dengan demikian kuantitas air liur yang meningkat tersebut dapat membersihkan partikel asam sisa makanan dalam tubuh sehingganya akan merawat gigi agar tetap putih, sehat dan juga tidak berlubang. Namun, yang perlu diingat adalah kunyahlah permen karet yang tidak mengandung banyak gula.

6. Gunakan Obat Kumur
Obat kumur sangat baik digunakan setelah aktivitas menggosok gigi. Obat kumur yang mengandung zat fluoride sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi atau gigi berlubang. Berkumurlah maksimal 2 kali sehari dan itu cukup untuk menghancurkan kuman penyebab plak gigi.

7. Gunakan Benang Gigi
Benang gigi dapat berfungsi untuk membersihkan sisa makanan yang terselip di antara sela-sela gigi. Namun, penggunaan benang gigi ini sangat harus hati-hati hal ini disebabkan benang gigi bisa saja melukai email gigi yang mana luka tersebut sangat disukai oleh bakteri dalam mulut dan sebagai penyebab bau mulut.

8. Rutin Memeriksakan Kesehatan Gigi Ke Dokter
Nah, untuk cara ini adalah bentuk perawatan kesehatan gigi secara medis. Untuk itu dalam hal menjaga dan merawat kesehatan gigi kita memerlukan anjuran dan saran-saran pakar kesehatan yang dalam hal ini adalah dokter gigi. Rutinlah memeriksakan kesehatan gigi setiap 6 bulan sekali, dokter gigi akan bekerja secara professional sehingga bisa merawat gigi agar tetap putih dan sehat seseuai dengan harapan Anda tentunya.

Nah, selanjutnya 
Cara Merawat Gigi Balita dan Menjaga Kesehatan Gigi Sikecil
Siapa yang tak terpesona melihat senyum ceria dengan deretan gigi susu yang sehat? Selain sedap dipandang, gigi sehat juga akan membuat si Kecil dapat menguyah makanannya dengan sempurna.
Sayangnya, begitu banyak anak kecil yang mengalami kendala gigi rusak dan berlubang. Salah satu penyebabnya adalah kebiasaan konsumsi makanan manis.
Pertumbuhan gigi si Kecil dimulai sejak usia 6 bulan dan akan lengkap hingga ia menginjak usia 2.5 tahun. Ibu pasti akan gemas saat melihat gigi putihnya muncul satu demi satu. Seiring pertumbuhan giginya, Ibu pun mulai dapat memperkenalkan aneka tekstur makanan secara bertahap.
Agar pertumbuhan dan kesehatan giginya selalu terjaga, biasakan untuk merawat gigi sejak dini. Sejak awal, jangan biasakan untuk sering memberikan makanan manis, seperti permen atau coklat. Jenis makanan ini paling mudah menciptakan ketagihan pada si Kecil dan berakibat buruk pada gigi, antara lain masalah gigi keropos dan bolong. Sejak dini, biasakan ia mengonsumsi makanan dan minuman sehat dengan kadar gula rendah.
Sebenarnya, tidak sulit lho Bu menjaga kesehatan gigi si Kecil. Banyak hal-hal sederhana yang sebenarnya cukup dijadikan kebiasaan. Coba deh beberapa tips perawatan gigi berikut :
  • Hindari makanan yang banyak mengandung gula. Jika ingin memberikan makanan manis, berikan secara bertahap.
  • Latih si Kecil mengunyah dengan baik sehingga ia tidak terbiasa mengemut makanan dalam mulutnya. 
  • Pastikan juga Anda membersihkan giginya setiap habis makan, agar kebersihan giginya tetap terjaga. 

loading...

"Lebih baik aku lelah mengejar matahari, daripada aku berdiam diri menunggu bintang jatuh"

Share this

Related Posts

loading...