loading...

Manfaat Bawang Merah dan Cara Pemakaiannya

     

      Bawang merah (Allium ascolonicum ) termasuk famili Liliaceae. Umbi yang dihasilkan oleh semua varietas bawang merah memiliki kandungan minyak asiri, sikloaliin, metilaliin, dihidroaliin, kaemferol; kuersetin, dan floroglusin. Selain itu, bawang merah juga mengandung sulfur organik, enzim allinase, flavonoid, asam fenol, sterol, saponin, pektin, ellagik, kaffeik, sinapik, asam p-koumarik, minyak volatil, dan senyawa allil propil disulphide (APDS). merupakan tanaman bumbu yang sering digunakan untuk berbagai keperluan. Selain sebagai bumbu masak, tanaman dengan nama Latin (Allium cepa var ascalonicum (L) Back ini memiliki banyak khasiat kesehatan maupun kecantikan.

     Bawang merah mengandung zat anti-inflamasi, anti-alergi, antioksidan, dan zat anti kanker. Selain itu, tanaman yang biasanya ditanam di daerah pegunungan ini kaya akan vitamin A, B6, B kompleks dan C, serta zat besi, folat dan kalium. Bawang merah juga sumber terbaik dari senyawa sulfat, flavonoid dan phytochemical.

     Bawang merah merupakan salah satu tanaman herbal tertua yang sering dibudidayakan. Tanaman yang terasa pedas di mata saat diiris ini memiliki tempat khusus dalam dunia kuliner karena mampu dipadukan dengan hampir semua jenis bumbu lainnya. Anda dapat menyertakan bawang dalam soto, rawon, sate, sup, topping pizza, kari, dan banyak lagi. Nah, berikut manfaat kecantikan dan kesehatan dari bawang merah mentah yang selama ini tak banyak orang tahu, 
diantaranya manfaat tersebut yaitu :

Meningkatkan pertumbuhan rambut
     Bawang merah mentah efektif dalam mencegah rambut rontok dan menyuburkan rambut. Sulfur dalam bawang merah membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan meningkatkan produksi kolagen yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut baru.
Cara pemakaiannya :
  • Blender bawang merah secukupnya.
  • Campur dengan 1 sendok teh madu dan tiga tetes minyak esensial lavender.
  • Pijat ke kulit kepala secara merata.
  • Tutup rambut dengan shower cap dan biarkan semalam atau setidaknya selama 1 jam. 
  • Bilas rambut dengan air lalu keramas seperti biasa.
  • Ulangi perawatan ini 2 atau 3 kali seminggu sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.
Mengatur kadar gula darah
     Bawang merah sangat baik bagi penderita diabetes. Senyawa sulfur yang disebut allyl propyl disulfide dalam bawang merah membantu meningkatkan produksi insulin dan kadar glukosa darah untuk penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2. Selain itu, bawang merah mengandung jumlah kromium yang meningkatkan toleransi glukosa tubuh. Oleh sebab itu, penderita diabetes sangat disarankan untuk mengonsumsi bawang merah mentah secara rutin.

Mencegah berbagai jenis kanker
     Bawang merah mempunyai efek menguntungkan dan pencegahan pada berbagai kanker, seperti kanker paru-paru, kanker ovarium, kanker perut, kanker kandung kemih, kanker payudara, kanker kolorektal, kanker prostat, kanker mulut, kanker hati dan kanker otak.
Kandungan fenolik dan flavonoid bawang merah mampu menjadi zat antioksidan yang melawan sel-sel kanker. Fakta ini dibuktikan oleh sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition. Hasilnya menunjukkan hubungan positif antara frekuensi asupan allium (bawang merah dan bawang putih) dalam mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

Menurunkan risiko penyakit jantung
     Asupan bawang merah teratur dapat mengurangi risiko kondisi seperti pengerasan arteri, tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke. Quercetin ditemukan dalam bawang merah memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang baik untuk kesehatan jantung. Sebuah studi 2007 yang diterbitkan dalam American Society for Nutrition menunjukkan quercetin membantu mengurangi tekanan darah pada pasien hipertensi. Bahkan, bawang merah membantu mencegah penumpukan kolesterol yang menyebabkan penyumbatan dan pengerasan arteri.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
     Karena mengandung polifenol, bawang merah berkhasiat meningkatkan kekebalan tubuh serta melindungi tubuh dari radikal bebas. Tak cuma itu, bawang merah mengandung mineral selenium yang membantu meningkatkan kekebalan dengan meningkatkan respons imun. Fungsi kekebalan tubuh akan menurun selama pengobatan radiasi untuk penderita kanker. Akan tetapi dengan asupan makanan yang kaya quercetin, sistem imunitas penderita kanker dapat kembali meningkat dan tidak rentan sakit.

Meningkatkan kepadatan tulang
     Bawang merah membantu memperlambat pengeroposan pada tulang. Itu sebabnya, mengonsumsi bawang merah mentah sangat ampuh untuk mencegah osteoporosis. Sebuah studi tahun 2009 membuktikan mengonsumsi bawang merah setiap hari meningkat kepadatan tulang pada wanita menopause. Para peneliti juga menyimpulkan bawang merah dapat menurunkan risiko patah tulang pinggul pada wanita hingga 20 persen.

Mengatasi penyakit asma
    Bawang merah juga dapat mengurangi gejala asma dan gangguan pernapasan lainnya. Menurut sebuah studi 2013 yang dipublikasikan dalam American Journal of Physiology, quercetin yang ditemukan dalam bawang mampu membantu mengendurkan otot-otot saluran pernapasan dan mengurangi gejala asma. Selain itu, kandungan sulfurnya bekerja sebagai agen anti-inflamasi yang efektif meredakan asma. Namun patut diingat, jika Anda alergi terhadap asparagus, kemungkinan Anda juga alergi terhadap bawang merah. Jadi, hentikan asupan bawang merah apabila muncul gejala alergi.

Meningkatkan kesehatan mulut
      Bawang mentah memang dapat menyebabkan napas Anda berbau tak sedap. Namun bawang merah mentah berkhasiat meningkatkan kesehatan mulut Anda. Bawang mentah memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengurangi bakteri berbahaya penyebab gigi berlubang dan penyakit gusi.
Caranya sangat mudah yaitu :
  • kunyah sepotong bawang mentah setiap hari selama 2 sampai 3 menit untuk menyingkirkan bakteri jahat di dalam mulut Anda.
Menyehatkan kulit
      Bawang merah mentah dapat membuat kulit Anda sehat dan bercahaya. Tanaman ini juga berkhasiat mengurangi bintik-bintik hitam dan pigmentasi kulit serta mencegah timbulnya jerawat.
Cara membuatnya yaitu:
  • campurkan 1 sendok makan jus bawang merah dengan ½ sendok makan yogurt.
  • Oleskan pasta ini pada daerah kulit dan leher tunggu 10 menit.
  • kemudian bilas dengan hangat. Gunakan masker ini sekali atau dua kali seminggu.
Membasmi kutu rambut
Anda bahkan dapat menggunakan bawang mentah untuk menghilangkan kutu pada kulit kepala. Kandungan sulfur yang tinggi membantu membunuh kutu kepala serta telurnya. Sebuah studi tahun 2014 menemukan bawang efektif dalam membunuh kutu kepala.
Caranya yaitu :
  • Blender 2-3 bawang merah.
  • Oleskan pada kulit kepala dan pijat sampai ke akar rambut.
  • Tutup rambut dengan shower cap selama 2 sampai 3 jam.
  • Setelah itu, bilas rambut dengan air hangat.
  • Angin-anginkan rambut sampai benar-benar kering.
  • Kemudian sisir rambut dengan sisir nit untuk menghilangkan sisa kutu mati.
  • Ulangi setiap hari selama 3 hari serta lakukan seminggu sekali sebagai pencegahan.
loading...

"Lebih baik aku lelah mengejar matahari, daripada aku berdiam diri menunggu bintang jatuh"

Share this

Related Posts

loading...