loading...

Manfaat Cabe Rawit dan Kandungannya


Cabe rawit merupakan salah satu tanaman yang termasuk kedalam jenis sayuran, tanaman ini sering digunakan untuk masakan agar masakan memiliki cita rasa yang beragam dengan keberadaannya cabai rawit tersebut. Rasa yang disumbangkan oleh manfaat cabe rawit merupakan rasa pedas, hal ini dikarenakan pada tumbuhan cabai rawit terdapat capsaicin yang menghasilkan rasa pedas pada tumbuhan ini.
     Cabai rawit memiliki nama ilmiahnya yaitu Capsicum frutescens yang masuk kedalam tanaman Solanaceae atau terung-terungan. Jenis cabai rawit pun berbeda-beda, diantaranya cabai rawit putih, cabai rawit ceplik, cabai rawit ceblik hijau. Dimana cabai rawit ini memiliki kandungan capsaicin yang berbeda dengan setiap mg/g berat kering, capsaicin yang paling banyak terdapat pada cabai rawit putih dengan angka 13,5 mg/g berat kering.
     Selain capsaicin, kandungan lain yang terdapat pada cabai rawit diantaranya yaitu :

  • Betakaroten atau provitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Mineral
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Capsaicin
  • Zat Kapsaikin
  • Zat Kapsisidin
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Zat Besi
  • Niacin
  • Lasparaginase
  • Kalium
  • Tembaga
     Meskipun cabai rawit hanya digunakan untuk menambah cita rasa saja, tetapi cabai rawit ini memiliki manfaat bagi manusia, diantaranya manfaat tersebut yaitu :

Pencernaan menjadi lebih lancar
     Bagi yang selalu mengalami permasalahan dengan urusan pencernaan, bisa dicoba untuk mengatasinya dengan mengkonsumsi cabai rawit ini. Memang sudah banyak beredar bahwa cabai rawit mampu membantu dalam proses melancarkan pencernaan, hal itu dikarenakan pada cabai rawit mampu menstimulasi sistem pencernaan dengan meningkatnya arus produksi enzim dan juga asam lambung. Oleh karena itu dapat membantu tubuh dalam proses terjadinya metabolisme makanan, lalu ketika sulit mengeluarkan gas dalam tubuh pun dapat diatasi dengan serbuk cabai karena serbuk cabe proses terjadinya asimilasi dan eliminasi dalam tubuh dengan adanya stimulasi gerakan peristaltic perut.

Membantu dalam penurunan berat badan
     Dengan cabai rawit pula bagi yang sedang melakukan diet bisa dibantu dengan mengonsumsi, namun sangat tidak dianjurkan dengan mengonsumsi berlebihan. Cabai rawit yang mampu meningkatkan dalam proses metabolisme ini ternyata mampu pula dalam proses pembakaran lemak secara berlebih.



Mengobati infeksi
     Sifat anti jamur yang dimiliki oleh cabai rawat ini mampu mengatasi dalam penyembuhan infeksi, sehingga berbagai macam penyakit akibat infeksi dapat diatasi dengan adanya pengonsumsian cabai rawit.

Mengatasi nyeri pada sendi
     Kandungan capcaisin ini tidak hanya memberikan cita rasa pedas saja, namun memiliki manfaat lain dengan memberikan manfaat untuk mengatasi atau meredakan nyeri sendi pada tubuh kita. Kerja capcasaini ini yaitu dengan meredakan otot yang sedang mengalami kejang, sehingga dengan adanya capsaicin mampu meredakan kejang pada otot tubuh kita.

Anti kanker
     Kerja cabai rawit dalam masalah kanker ini yaitu dengan cara menghilangkan sel kanker yang ada dalam tubuh, tetapi proses ini tidak merusak sel normal yang ada pada tubuh. Kandungan yang ada dalam cabai rawit yang menangani penghilangan sel kanker adalah capsaicin, namun tidak dianjurkan pula dengan mengonsumsinya secara berlebihan.

Kesehatan jantung lebih meningkat
     Penyebab adanya serangan jatung ini karena bisa dengan tekanan darah yang tinggi, namun dengan mengonsumsi cabai rawit tekanan darah yang ada dalam tubuh akan terjaga kestabilannya. Sehingga jantung pun akan lebih sehat, serta kemampuan lain cabai rawit juga yaitu dapat membuang kolesterol jahat dan trigliserid dalam tubuh manusia. Cabai rawit pula membantu dalam mencegah serangan jantung, karena hal ini karakteristik cabai rawit yang memiliki kemampuan untuk membuka arteri di jantung.

Melawan dalam serangan stroke
     Karakteristik cabai rawit yang mampu melancarkan peredaran darah memiliki manfaat terhadap orang yang memiliki penyakit stroke, stroke sendiri terjadi karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah dan terjadinya pembekuan darah pada otak.

Nafsu makan meningkat
     Seseorang yang mengalami peningkatan dalam nafsu makannya dikarenakan adanya penambahan atau peningkatan pada produksi hormon endophrin dalam tubuhnya, sehingga nafsu makan pada tubuh akan meningkat dengan mengonsumsi cabai rawit ini. Kandungan yang terdapat cabai rawit itu, yang membuat menambahnya produksi hormon endophrin pada tubuh adalah capsaicin yang terkandung dalam cabai rawat.

Menjaga kekebalan tubuh
     Dengan adanya vitamin C pada cabai rawit, berfungsi mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Jadi kekebalan tubuh manusia dapat terjaga agar tiidak mudah terserang berbagai penyakit.

Mengurangi adanya jamur pada kulit
     Capcaisin yang dimiliki cabai rawit mampu membantu dalam mengurangi jamur pada kuliut manusia, sehingga jamur yang ada pada kulit yang membuat kulit gatal-gatal bisa diatasi dengan mengonsumsi cabai rawit.

Mengatasi sakit kepala
     Pada manfaat cabe rawit mampu menstimulasi terhadap respon rasa sakit yang diamali pada bagian ubuh yang berbeda, dimana hal itu dapat menyebabkan otak mengalihkan perhatian terhadap respon yang lain yang membuat terasa sakit pada bagian kepala tersebut. Jadi ketika merasa pusing, bisa mengonsumsi makanan yang terdapat cabai rawitnya, biasanya akan keluar lendir dari hidung yang menandakan pusing di kepala sudah mulai reda. Sehingga kepala tidak berat algi dan pusing.

Sebagai anti inflamasi
     Anti inflamasi fungsinya dapat dijadikan sebagai obat herbal yang baik bagi penderita penyakit gula darah atau diabetes, arthristis, psoriasis, dan juga kerusakan syaraf yang ada hubungannya dengan penyakit herpes akibat adanya virus.

Membantu dalam proses detokfisasi
     Melalui pemanasan pada tubuh proses detoksifikasi terjadi, hal itu bisa terjadi dengan melalui pengonsumsian cabai rawit yang dapat membuat tubuh berkeringat. Pada tubuh yang berkeringat ini merupakan salah satu proses penting dalam proses detoksifikasi, untuk pagi hari pengonsumsian cabai rawit dapat diberika campuran lain seperti madu dan lemon menjadi minuman di pagi hari yang dimana minuman tersebut mampu melaksanakan terjadinya detoksfikisai tubuh secara menyeluruh pada tubuh manusia.

Produksi air liur meningkat
     Penyebab yang membuat cabai rawit dapat membantu dalam melancarkan pencernaan manusia, karena hal itu pada cabai rawit mampu menstimulasi dalam memproduksi air liur yang lebih banyak. Dimana ketika air liur lebih banyak yang ada dalam tubuh, maka semakin baik dalam proses pencernaan serta mampu menjaga kesehatan mulut.

Membantu dalam mencegah pembekuan darah
     Resiko terjadinya serangan jantung yang akhirnya mengakibatkan stroke bukan hanya karena tersumbatnya pada arteri, namun karena pembekuan darah yang tidak sampainya darah ke seluruh tubuh atau tidak menyebar darah keseluruh tubuh. Hal itu dapat diatasi dengan serbuk cabai rawit yang dimana membantu dalam mengurangi atherosclerosis pada tubuh.

Metabolisme tubuh menjadi lebih cepat
     Selain dapat menurunkan berat badan, namun cabai rawit pula dapat mepercepat metabolisme dalam tubuh manusia yang nantinya percepatan itu akan berdampak pada penurunan berat badan. Maka dari itu cabai rawit bisa membantu dalam menurunkan berat badan, karena adanya percepatan dalam metabolisme tubuh.

Pertumbuhan rambut
     Cabai rawit mampu membantu dalam meningkatkan terjadinya sirkulasi udara pada kulit kepala, ketika sirkulasi udara mengalami penurunan maka akan terjadi kerusakan pada rambut seperti rambut rontok bahkan sampai mengalami kebotakan. Maka hal itu dapat diatasi dengan cabai rawit yang mampu meningkatkan sirkulasi udara pada kulit kepala.

Pencegahan dalam terjadinya tekanan darah tinggi
     Cabai rawit pula mampu mengatasi dalam permasalahan darah, diantaranya darah tinggi. Dimana hal itu terjadi karena terdapat kandungan yang membuat cabai rawit mampu bertindak hal demikian, kandungan itu adalah capcaisin yang mampu melancarkan peredaran darah dalam tubuh denga engurangi pembentukan dan penggumpalan yang menyebabkan tersumbatnya arteri di jantung.

Menurunkan demam tinggi
     Selain buahnya yang dikonsmusi, namun bagian dari tanaman cabai rawit pun dapat digunakan. Seperti daun dari cabai rawit yang mampu menurunkan demam tinggi pada tubuh kita, hal itu dapat dilakukan dengan diberikan tambahan lain seperti minyak selada dengan pengerajaannya dibalurkan pada selurh badan atau ditempelkan pada ubun-ubun.

Meredakan pilek dan hidung tersumbat
     Cabai rawit dapat meredakan pilek dan juga kemapuan lain dalam masalah hidung tersumbat, hal ini karenakan pada cabai rawit terdapat capsaicin yang mampu mengencerkan lendir yang ada daerah tersebut. Sehingga cairan yang membuat mampet dapat keluar dan encer.

Menjaga kesehatan mata
     Kandungan vitamin B2 pada cabai rawit mampu membantu dalam menjaga kesehatan mata, sehingga mata akan selalu sehat jarang sering mata mengalami sakit mata serta ata menjadi lebih tajam dan jelas ketika melihat. Jadi tidak hanya mengonsumsi wortel saja untuk menjaga kesahatan mata, namun dapat pula dengan mengonsumsi cabai rawit. Tetapi jangan berlebihan dalam mengonsumsinya.

Mencegah penyakit beri-beri
     Penyakit beri-beri yang menyerang tubuh manusia bisa diatasi dengan cabai rawit yang ada disekitar, alasannya karena pada cabai rawit itu sendiri terdapat kandungan B1 yang mempu mencegah terjadinya penyakit beri-beri.
loading...

"Lebih baik aku lelah mengejar matahari, daripada aku berdiam diri menunggu bintang jatuh"

Share this

Related Posts

loading...