loading...

Obat Sakit Gigi Yang Alami dan Tradisional dan Cara Penggunaannya



Penyebab Sakit Gigi

Di dalam gigi terdapat pulpa gigi. Pulpa gigi merupakan lapisan terdalam dari struktur gigi yang terdiri atas pembuluh darah dan saraf sensitif. Sakit gigi terjadi ketika pulpa mengalami peradangan. Penyebab radang bisa bermacam-macam, di antaranya:

  • Pembusukan gigi (kondisi ini kerap diakibatkan oleh permukaan gigi berlubang).
  • Penumpukan nanah di dasar gigi akibat infeksi bakteri (abses periapikal).
  • Penyusutan gusi.
  • Gigi retak.
Tambalan yang rusak (pada gigi yang pernah ditambal).Selain radang pulpa gigi, ada sejumlah kondisi lain yang bisa menyebabkan gejala nyeri menyerupai sakit gigi, di antaranya:
  • Sinusitis.
  • Abses periodontal.
  • Cedera pada sendi temporomandibular (sendi yang menghubungkan rahang dengan tengkorak kepala).
  • Pembengkakan gusi atau gusi pecah akibat gigi tumbuh.
  • Tukak gusi.
  • Tumbuh gigi (biasanya dialami oleh bayi dan anak-anak).
Obat Sakit Gigi Yang Alami dan Tradisional dan Cara Penggunaannya

1. Merica dan juga garam
Salah satu penyebab rasa sakit pada gigi anda adalah kuman-kuman yang menyebabkan sistem saraf menjadi sakit. Oleh karena itu salah satu obat alami paling penting dalam mengatasi gigi yang sakit adalah anti bakteri. Anti bakteri yang paling mudah yang bisa anda dapatkan setiap hari dari dapur anda adalah garam.
Garam merupakan anti bakteri alami yang bisa membantu anda membunuh kuman-kuman penyebab gigi berlubang di mulut anda. Selain membutuhkan anti bakteri, anda juga membutuhkan anti peradangan dan juga anti nyeri sehingga rasa sakit yang ada di gigi anda tidak terlalu terasa menyiksa.
Cara Penggunaan : 
Untuk mendapatkan manfaat dari pembunuh dan pereda nyeri dari garam dan juga merica, anda bisa menggunakan campuran garam dan juga merica secukupnya yang dicampur dengan air untuk mengubah bentuknya menjadi pasta. 
Setelah campuran membantuk pasta balurkan pada gigi yang sakit dalam beberapa menit. 
Gunakan pasta ini selama beberapa hari hingga rasa sakit di gigi anda menghilang. 

2. Bawang putih
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya untuk mengobati rasa sakit pada gigi, salah satu bahan utama yang diperlukan adalah anti bakteri. Anti bakteri ini juga bisa anda temukan di dalam bawang putih. Selain membunuh bakteri yang menyebabkan rasa sakit pada gigi, bawang putih juga dapat membantu mengurangi rasa sakit atau nyeri pada gigi anda.
Cara penggunaan bawang putih untuk mengobati sakit gigi : 
Untuk mendapatkan manfaat dari bawang putih sebagai obat alami sakit gigi, anda bisa menggunakan bawang putih yang dihaluskan atau bawang putih bubuk yang dicampur dengan menggunakan garam. 
Anda bisa mengoleskannya pada area gigi yang sakit selama beberapa hari hingga rasa sakit perlahan menghilang. 

3. Bawang Merah
Selain bawang putih, inilah obat sakit gigi yang alami yaitu bawang merah. Bawang merah juga memiliki kandungan anti septik dan juga anti mikroba yang kuat untuk mengontrol rasa sakit pada gigi anda. Bawang merah dapat membantu anda mengurangi rasa sakit yang disebabkan karena infeksi yang terjadi ketika gigi anda berlubang.
Cara Penggunaan : 
Untuk mendapatkan manfaat dari obat sakit gigi alami ini, anda bisa mengunyah bawang merah untuk mengurangi rasa sakit pada gigi anda. 
Jika anda tidak bisa mengunyah menggunakan gigi anda yang terasa sakit, maka anda bisa meletakkan bawang merah yang mentah pada gigi anda yang sakit tersebut secara langsung. 

4. Daun jambu biji
Untuk jenis obat yang satu ini, mungkin anda tidak akan menemukannya di dapur anda. Anda bisa menemukan obat ini di kebun anda. Daun jambu biji adalah salah satu daun yang memiliki kandungan anti peradangan, anti nyeri dan juga anti mikroba yang hebat. Oleh karena itu bagi anda yang sedang mengalami rasa sakit gigi anda bisa mencoba menggunakan 2 cara ini.
Cara menggunakan daun biji : 
Mengunyah daun jambu biji secara langsung hingga cairan dari jambu biji keluar dan membuat rasa sakit pada gigi anda hilang 
Merebus daun jambu biji kemudian mendiamkannya hingga hangat-hangat kuku. Setelah itu campurkan garam dan gunakan sebagai pencuci mulut. 

5. Menggunakan terapi Es
Jika gigi anda terasa sangat ngilu dan anda tidak bisa menahannya, anda bisa mencoba mengompres gigi atau gusi anda dengan menggunakan es. Es memang tidak memiliki kandungan anti biotik, anti mikroba dan juga anti peradangan tapi menggunakan terapi es dapat membantu membuat gigi anda yang sakit terasa mati rasa sehingga dapat mengurangi penderitaan anda. Dengan begitu, es inilah obat sakit gigi yang alami yang terakhir sebagai rekomendasi.

6. Cengkeh
Cengkeh Telah terbukti mengurangi rasa sakit dari gigi yang berlubang, kuman, dan sakit gigi lainnya. Sifat anestesi dan analgesik dapat mematikan rasa sakit pada gigi. Ditambah lagi sifat antiseptik danantibakteri yang dapat mencegah infeksi pada busi atau akibat kuman pada gigi. Kedua tunas cengkeh dan minyak cengkeh dapat digunakan sebagai obat alami sakit gigi.
Cara pembuatan : 
Gunakan kapas atau katembat untuk menerapkan beberapa minyak cengkeh pada gigi anda yang sakit dan wilayah sekitarnya gusi. Ulangi langkah ini sampai 2 atau 3 kali dalam sehari. Lebih baik lagi ditambahkan dengan sedikit minyak zaitun. 
Anda juga dapat menempatkan 2 atau 3 siung cengkeh di mulut Anda dekat dengan gigi yang sakit. Cengkeh akan mulai melepaskan minyak esensial mereka, yang dapat meringankan rasa sakit gigi anda. 
Pilihan lain adalah dengan mencampur 1 siung bawang putih, garam halus dan beberapa tetes minyak cengkeh untuk membuat pasta. Oleskan pada lapisan gusi yang bengkak dan biarkan selama 5 sampai 10 menit. Lalu bilas dengan air hangat. Lakukan ini sekali atau dua kali sehari. 

7. Daun Peppermint
Daun Peppermint adalah tanaman lain yang dapat digunakan sebagai obat yang sangat efektif untuk sakit gigi. Tanaman ini kaya akan sifat anestesi yang membantu mengurangi rasa sakit. Serta membantu menyingkirkan bakteri di dalam mulut yang dapat menyebabkan infeksi.
Cara pembuatan : 
Gosokkan sedikit minyak peppermint pada daerah yang menyakitkan. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas mulut Anda dengan air garam yang hangat. 
Anda juga dapat menambahkan 1 sendok teh daun peppermint kering untuk satu cangkir air panas. Tutup dan rendam selama 15 sampai 20 menit. Kumur – kumur kan di mulut Anda selama 30 detik dan meludahkannya. Ulangi langkah ini jika rasa sakit gigi anda berkurang. 

8. Wheatgrass (Rumput Gandum)
Wheatgrass atau yang biasa di indonesia disebut sebagai rumput gandum adalah obat alami yang lain untuk sakit gigi. Namun tumbuhan ini sangatlah jarang di indonesia tetapi tidak ada salahnya jika anda ingin mencari dan mencoba mengobati menggunakan rumput gandum ini. Karena pada wheatgrass menjadi antibiotik alami, membantu menarik keluar racun dan bakteri dari mulut, dan mengurangi rasa sakit.
Cara Penyembuhan : Mengunyah wheatgrass segar dengan perlahan kemudian meludahkanya. Lakukan ini untuk mengurangi rasa sakit. Atau, anda dapat membuatnya sebagai jus dan menggunakannya sebagai obat kumur beberapa kali sehari sampai rasa sakit itu hilang.

Tips tambahan :
Terapkan kompres es ke pipi seperti langkah diatas, pada gigi yang sakit untuk mengurangi rasa sakit. 
Anda juga dapat menempatkan sepotong keju di atas gigi yang sakit jika dibutukan bantuan cepat. 
Perlahan-lahan mengunyah permen karet yang tidak mengandung gula setelah makan untuk melawan infeksi. 
Gunakan obat kumur antibakteri untuk mengurangi peradangan. 
Jangan mengunyah makanan yang keras. 
Sikat gigi dan lidah secara teratur. 
Mengurangi mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula untuk mencegah infeksi. 
Minum banyak air sepanjang hari minimal 8 gelas. 
Rilek dan santai atur pernapasan anda, ini juga membantu dalam mengurangi rasa sakit gigi.

loading...

"Lebih baik aku lelah mengejar matahari, daripada aku berdiam diri menunggu bintang jatuh"

Share this

Related Posts

loading...