loading...

Tipe Vegetarian dan Manfaat Vegetarian Bagi Tubuh


Istilah vegetarian yang selama ini banyak dikenal memiliki dua pengertian, yaitu vegetarian sebagai kata benda dan vegetarian sebagai kata sifat. Sebagai kata benda,vegetarian memiliki arti orang yang berpantang untuk makan daging dan hanya makan sayuran serta makanan nabati lainnya. Sebagai kata sifat, istilah vegetarian memiliki arti sebagai hal yang tidak mengandung daging atau kebiasaan berpantang daging. Dengan demikian, seseorang dikatakan sebagai vegetarian sudah barang tentu akan menjauhkan diri dari makanan yang mengandung daging, seperti dendeng sapi, pepes ikan, atau ayam panggang, gulai kambing dalam kehidupan sehari-harinya.
Karena prinsipnya berpantang makan daging, maka kaum vegetarian tetap harus mencukupi kebutuhan sehari-hari akan protein tubuh mereka yang mana hal tersebut bisa didapatkan oleh para vegetarian dari kacang- ­kacangan, buah, sayuran yang kaya protein, kalsium, dan vitamin. Tumbuhan inilah yang kemudian mampu mengubah energi radiasi menjadi energi senyawa kimia yang sudah dapat langsung dikonsumsi oleh makhluk hidup lainnya. Meskipun pola hidup vegetarian tersebut menguntungkan bagi kesehatan, akan tetapi kenyataannya masih sedikit orang yang melakukannya khususnya di negara Indonesia.

Apa Alasan Seseorang Untuk Menjadi Vegetarian?
Selain karena alasan kesehatan fisik dan kejiwaan bagi seseorang seperti yang dijelaskan di atas, ternyata masih ada lagi alasan menjadi vegetarian bagi seseorang yaitu: 
  • Faktor Agama, Di beberapa negara, seseorang menjadi vegetarian ternyata beralasan karena faktor ajaran agamanya. Dalam agama yang mereka anut setiap umatnya dilarang untuk mengkonsumsi daging dan atas alasan itulah kemudian mereka menjadi vegetarian. Siapa saja orang-orang tersebut? Mereka adalah penganut ajaran Budha, Hindu, dan Kristen serta Advent. Dalam hal ini ternyata selain mereka telah menjalankan ajaran agama, pada kenyataannya adalah ketaatan tersebut telah berbuah kesehatan pula bagi meraka sendiri.
  • Keinginan Untuk Awet Muda, Sebagian dari vegetarian memutuskan untuk menjadi vegetarian lebih didorong oleh untuk menjaga penampilan mereka. Dimana, mereka meyakini bahwa dengan mengkonsumsi daging tentunya akan meningkatkan hormon yang memicu untukpenuaan dini pada seseorang. Begitupula sebaliknya, dengan selalu mengkonsumsi sayuran-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan makanan nabati lainnya akan menjadikan hormon penyebab penuaan dini lebih bisa dikontrol.
Macam – Macam Tipe atau Kelompok Vegetarian
Secara umum, tipe atau kelompok dari vegetarian dibedakan menjadi 5 macam yaitu: 
  1. Vegetarian Vegan, Kelompok vegan merupakan vegetarian murni karena mereka sama sekali tidak menyantap hidangan yang berasal dari hewan, seperti daging, jeroan, susu, darotelur. Karena itu, sumber makanan utama kelompok vegetarian dengan ini adalah bahan nabati, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
  2. Vegetarian Lacta-ovo, Kelompok vegetarian lacto-ovo berpantang mengonsumsi produk-produk hewani, terutama jika hewan tersebut harus disembelih terebih dahulu. Telur dan susu masih diperbolehkan untuk dikonsumsi. Hidangan utama tetap bersumber dan produk-produk nabati, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, sayur-sayuran, dan buah-buahan.
  3. Vegetarian Pesco, Kelompok vegetarian pesco selain menyantap hidangan dari sumber nabati, juga boleh menyantap hidangdn dari ikan, baik ikan laut maupun ikan air tawar.
  4. Vegetariian Lacto, Kelompok vegetarian lacto selain menyantap hidangan dari sumber nabati, juga mengonsum susu dan hasii olahannya, seperti keju, mentega, dan yoghurt.
  5. Vegetarian Fluctarian, Kelompok vegetarian fluctarian termasuk yang paling longgar dibandingkan dengan kelompok – kelompok lain yang telah disebutkan. Kelompok ini pantang makan daging yang berwama merah. Jadi, mereka masih bisa makan ayam goreng, sup ayam, daging olahan dan unggas lainnya.
Manfaat Vegetarian Bagi Tubuh :
  • Menyehatkan Kulit (mempercantik), Sayuran mengandung banyak mineral yang baik untuk kesehatan kulit. Mineral dan juga antiokasidan yang terdapat dalam sayuran sangat baik dalam membantu memperlancar peredaran darah dan juga melindungi pigmen kulit. Sehingga, manfaat vegetarian tentu akan menjadikan kulit yang sehat sebagai akibat dari mengkonsumsi sayuran.
  • Menyehatkan Kehidupan Seks, Seseorang yang banyak mengkonsumsi daging merah dapat mengalami penurunan dalam hal nafsu seks mereka. Selain itu pemakan daging merah juga dapat menurunkan aliran darah dalam tubuh. Oleh sebab itu, menghindari mengkonsumsi daging merah dan beralih ke vegetarian dapat meningkatkan dan menyehatkan kehiduan seks anda. Selain itu, kualitsa sperma juga menjadi lebih baik.
  • Menjaga Berat Badan, Mengkonsumsi daging secara terus menerus mampu meningkatkan berat badan seseorang. Berbeda dengan vegetarian, seorang vegetarian yang notebennya mengkonsumsi sayuran mampu memiliki berat badan yang lebih terjaga atau berat badan ideal. Antioksidan dan serat yang cukup yang terkadung dalam sayuran diyakini sebagai penyebab bahwa sayuran mampu mambantu menjaga berat badan seoarng vegetarian. Sehingga, pola makan seorang vegetaria sangat baik dilakukan oleh pelaku diet.
  • Menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan Meningkatkan HDL (kolesterol baik), Seorang vegetarian atau seseorang yang menjalani diet vegetarian yang memakan makanan nabati bisa menurunkan kadar dari kolesterol jahat yang ada dalam tubuh. Hal ini bahkan sama efektifnya dengan terapi yang dilakukan menggunakan obat. Berbagai jenis makanan yang biasa dikonsumsi oleh seorang vegetarian seperti kacang-kacanga, kedelai, gandum, dan beberapa jenis lain merupakan makanan yang sangat bermanfaat untuk membantu kita menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan sebaliknya meningkatkan kolesterol baik.
  • Terhindar Dari Racun Hewani, Daging hewan yang hendak dikonsumsi (dipotong) dapat memicu peningkatan adrenalin tubuh untuk memproduksi steroid dan juga hormon stress. Hormon tersebut akan dilepas di aliran darah. Saat daging tersebut kemudian dimakan oleh manusia, maka hormon tersebut dapat berformasi menjadi racun yang tentu membahayakan kesehatan manusia. Namun tidak hanya itu saja, hewan potong yang dijual di pasaran sering kali disuntik dengan hormon pertumbuhan dengan tujuan agar menghasilkan daging yang lebih banyak. Akibatnya, berbagai penyakit dapat ditimbulkan sebagai akibat dari mengkonsumsi hewan yang disuntik dnegan hormon pertumbuhan tersebut.
  • Menurunkan Resiko Kanker, Antioksidan, mineral, fitokimia, vitamn dan banyak nutrisi lain yang terkandung dalam sayuran sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Beberapa nutrisi terdiri yang terdapat dalam sayuran mampu menigkatkan imunitas yang kemudian bermanfaat melawan atau juga mencegah berbagai jenis kanker.
  • Memperlancar Pencernaan, Manfaat vegetarian dengan mengkonsumsi banyak sayuran dapat membantu kita dalam agar terhindar dari penyakit pencernaan seperti sembelit. Yang mana kita ketahui bahwa sembelit dapat menyebabkan munculnya penyakit yang lebih parah, seperti wasir dan kanker usus.
  • Terhindar dari Lemak Jahat, Sayuran adalah makanan yang mengandung lemak yang sangat baik bagi tubuh, dan juga tidak membahayakan tubuh manusia. Maka, dengan menjadi seorang vegetarian dapat membantu tekanan darah agar tetap dalam batas aman, jantung selalu dehat, serta berbagai penyakit lain yang dapat muncul akibat dari lemak berlebih.
  • Membantu Metabolisme, Dengan menjadi seorang vegetarian, maka kerja dari usus dan lambung kita tidak terlalu berat dalam mengolah makanan. Selain itu, manfaat vegetarian menjaga kebersihan usus besar agar dapat terjaga dengan baik.
loading...

"Lebih baik aku lelah mengejar matahari, daripada aku berdiam diri menunggu bintang jatuh"

Share this

Related Posts

loading...